Pertama di Dunia, Alat Tes Kehamilan Berbasis Air Liur Berhasil Ditemukan

- 25 Juni 2023, 14:10 WIB
Ilustrasi hamil. Alat tes kehamilan dari air liur ditemukan untuk pertama kali.
Ilustrasi hamil. Alat tes kehamilan dari air liur ditemukan untuk pertama kali. /Greyerbaby


PRFMNEWS – Selain urin, tes kehamilan kini sudah dapat dilakukan menggunakan air liur. Alat cek kehamilan berbasis air liur ini ditemukan oleh sebuah perusahaan rintisan asal Israel, Salignostics.

Perusahaan startup ini memperkenalkan Salistick, yakni alat untuk cek apakah seorang wanita tengah hamil hanya melalui pengetesan air liur orang tersebut.

Inovasi alat tes kehamilan Salignostics ini diharapkan meningkatkan pengalaman seorang perempuan untuk melakukan pengujian air liur di rumah.

Baca Juga: Ini Beberapa Tanda Awal Kehamilan yang Harus Diketahui, Kata dr Jeffry Kristiawan

Alat Salistick hasil terobosan dari Salignostics untuk bantu mendeteksi kehamilan sejauh ini ini baru akan tersedia di berbagai negara Eropa, Afrika Selatan, Uni Emirat Arab, dan Israel.

Namun, perusahaan tersebut saat ini juga sedang menjalani proses sertifikasi untuk memperluas jangkauan alat uji kehamilan lewat air liur ini.

Melansir Medical Daily, alat ini diklaim dapat digunakan dengan mudah kapan dan di mana saja, serta mampu memberikan hasil akurat, terutama selama tahap awal kehamilan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kelelahan Saat Masa Kehamilan

Salistick mendeteksi kehamilan dengan mengidentifikasi hormon yang disebut “human chorionic gonadotropin” (hCG), yang dihasilkan dalam tubuh wanita saat hamil.

Akurasinya mencapai 96,32 persen pada hari pertama setelah terlambat haid, dan 97,35 persen pada hari kedua.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x