Menlu Sebut Timor Leste Diberikan Status Observer oleh ASEAN

- 12 November 2022, 16:32 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi /Antara/Sigid Kurniawan/


PRFMNEWS - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan para pemimpin Pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) memberikan status negara pengamat (observer) kepada Timor Leste.

Timor Leste juga telah diakui menjadi anggota baru dan memperbolehkan negara itu berpartisipasi pada berbagai pertemuan ASEAN.

Hal tersebut diungkapkan setelah KTT ASEAN yang diselenggarakan di Hotel Sokha, Phnom Penh, Kamboja pada Sabtu, 12 November 2022.

Baca Juga: Timor Leste Diakui ASEAN Sebagai Anggota ke-11 Asia Tenggara

"Mengenai keputusan para pemimpin ASEAN terkait aplikasi keanggotaan Timor Leste sebagaimana dimuat dalam ASEAN Leaders' Statement on the Application of Timor Leste to ASEAN, para pemimpin ASEAN di dalam dokumen tersebut memutuskan menyetujui secara prinsip diterimanya Timor Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN," kata Menlu Retno Marsudi dikutip prfmnews.id dari laman Antara.

Menurutnya, Menteri Luar Negeri negara ASEAN, telah membahas secara rinci aplikasi Timor -Leste untuk keanggotaan, dan Sekertaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi juga mengadakan pengarahan mengenai hasil laporan tiga tim peneliti ASEAN sebelum para pemimpin ASEAN membuat keputusan.

Baca Juga: Vladimir Putin Dikabarkan Tidak Akan Menghadiri KTT G20 di Bali

Baca Juga: Raja Charles III dan Ratu Camilla Dilempari Telur Saat Hadiri Peresmian Patung Ratu Elizabeth di York

"Menugaskan ACC atau ASEAN Coordinating Council untuk memformulasikan peta jalan bagi keanggotaan penuh Timor Leste termasuk berdasarkan milestone yang telah diidentifikasi dalam laporan misi pencari fakta yang dilakukan berdasarkan tiga pilar komunitas ASEAN,” ujarnya.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x