Diduga Ditikam di Leher, Begini Kronologi Penikaman Novelis Salman Rushdie

- 13 Agustus 2022, 19:20 WIB
Penulis novel Ayat-ayat Setan, Salman Rushdie diangkut ke helikopter untuk diterbangkan ke rumah sakit setelah ditikam di New York
Penulis novel Ayat-ayat Setan, Salman Rushdie diangkut ke helikopter untuk diterbangkan ke rumah sakit setelah ditikam di New York /Foto: Reuters/ Twitter @HoratioGates3//

PRFMNEWS - Telah terjadi aksi penikaman terhadap novelis Salman Rushdie pada Jumat, 12 Agustus 2022 dalam sebuah acara di New York.

Polisi telah mengidentifikasi tersangka penikaman novelis Salman Rushdie. Pelaku bernama Hadi Matar (24) dari Fairview, New Jersey, ia kemudian ditahan oleh Patroli Negara Bagian New York segera setelah penikaman terjadi.

Dilansir prfmnew.id metro.co.uk, pejabat penegak hukum di Jamestown, New York, mengatakan bahwa tersangka melompat ke atas panggung dan menikam penulis India-Inggris itu dengan dua kali tikaman, sekali di leher dan satu lagi di perut.

Baca Juga: Bandung Sudah Masuk Musim Kemarau Tapi Kerap Diguyur Hujan, BMKG: Tahun ini Kemarau Basah

Pihak berwenang percaya dia bertindak sendirian saat penikaman. Setelah aksi itu, kemudian Rushdie diangkut ke rumah sakit dengan helikopter.

Aksi penikaman tersebut diketahui terjadi saat Rushdie menjadi pembicara pada sebuah acara di Chautauqua Institution, suatu pedesaan New York, yang berada sekitar 70 mil barat daya Buffalo.

Pada hari itu, Institusi ini mengadakan seri kuliah musim panas yang mengundang penulis untuk berdiskusi tentang 'Amerika Serikat sebagai suaka bagi penulis dan seniman lain di pengasingan dan sebagai rumah bagi kebebasan berekspresi kreatif.'

Baca Juga: Terungkap Pemicu Ferdy Sambo Marah hingga Rencanakan Penembakan Brigadir J, Berawal Laporan dari Istrinya

Kemudian setelah insiden itu terjadi, Chautauqua Institution membatalkan program yang tersisa.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Metro.co.uk


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x