Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe Ditunjuk untuk Menjabat Sebagai Presiden

- 13 Juli 2022, 22:00 WIB
Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe menyatakan ekonomi negaranya telah benar-benar bangkrut dan bakal menghadapi situasi yang lebih serius.
Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe menyatakan ekonomi negaranya telah benar-benar bangkrut dan bakal menghadapi situasi yang lebih serius. /Reuters/

PRFMNEWS - Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe ditunjuk sebagai penjabat Presiden usai Presiden Petahana Gotabaya Rajapaksa melarikan diri ke luar negeri.

Selain itu, ketua parlemen mengumumkan pada Rabu ketika ribuan pengunjuk rasa menuntut kedua pria itu untuk mundur.

“Karena ketidakhadirannya dari negara, Presiden Rajapaksa mengatakan kepada saya bahwa dia telah menunjuk perdana menteri untuk bertindak sebagai presiden sesuai dengan konstitusi,” kata Mahinda Yapa Abeywardana dalam sebuah pernyataan singkat, dikutip prfmnews.id dari Alarabiya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ungkap Pengganti Wakil Ketua KPK Masih Dalam Proses

Sri Lanka yang dilanda krisis mengumumkan keadaan darurat nasional yang tidak terbatas pada hari Rabu, beberapa jam setelah Presiden Gotabaya Rajapaksa meninggalkan negara itu.

"Sejak presiden berada di luar negeri, keadaan darurat telah diumumkan untuk menangani situasi di negara ini," kata Dinouk Colombage, juru bicara Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe.

Baca Juga: Hati-hati 7 Jenis Makanan ini Bisa Buat Asam Lambung Kambuh, Nomor 6 Enak Banget dan Disukai Banyak Orang

Polisi juga mengatakan mereka memberlakukan jam malam tanpa batas di seluruh Provinsi Barat, yang meliputi ibu kota Kolombo, untuk menahan protes yang berkembang setelah Rajapaksa terbang ke Maladewa dengan pesawat militer.

Sementara itu, ribuan demonstran telah mengerumuni kantor perdana menteri, sehingga mendorong polisi untuk menembakkan gas air mata demi menahan mereka agar tidak menyerbu kompleks tersebut.***

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Alarabiya News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x