Presiden Sri Langka Gotabaya Rajapaksa Kabur ke Maladewa, Beberapa Jam Sebelum akan Mengundurkan Diri

- 13 Juli 2022, 12:17 WIB
Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa kabur dari negaranya beberapa jam sebelum akan mengundurkan diri
Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa kabur dari negaranya beberapa jam sebelum akan mengundurkan diri /Andy Buchanan/Pool via REUTERS


PRFMNEWS - Presiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa dilaporkan telah kabur dari negaranya ke Maladewa (Maldives) pada hari ini, Rabu 13 Juli 2022 atau hanya beberapa jam sebelum berjanji mengumumkan pengunduran dirinya.

Rajapaksa meninggalkan Sri Lanka bersama istri dan dua pengawalnya menggunakan pesawat militer yang lepas landas di Bandara Internasional Utama Sri Lanka.

Dikutip dari Reuters, seorang sumber pemerintah mengatakan Rajapaksa sudah berada di Male, Ibu Kota Maladewa dan kemungkinan besar akan melanjutkan penerbangan ke negara Asia lain.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Ada Perdana Menteri Memohon Minta Dikirimkan Minyak Goreng

Gotabaya Rajapaksa kabur di tengah krisis ekonomi negara dan desakan dari pengunjuk rasa agar ia segera mundur, menyusul beberapa menteri yang berkuasa atas pemerintahan keluarga 'Rajapaksa'.

Rajapaksa sebelumnya berjanji pada akhir pekan lalu untuk mengundurkan diri sebagai presiden pada Rabu 13 Juli 2022.

Diketahui, kekuasaan klan Rajapaksa telah mendominasi politik di Sri Lanka selama dua dekade terakhir.

Baca Juga: Belum Sebulan Jadi Menteri, Zulkifli Hasan Sudah Diingatkan Jokowi Gara-gara Kampanyekan Anaknya

Disebutkan juga, mantan perdana menteri Mahinda Rajapaksa dan mantan menteri keuangan Basil Rajapaksa, masih berada di Sri Lanka.

Ketika berita tentang penerbangan presiden menyebar, ribuan orang berkumpul di lokasi protes utama di Kolombo meneriakkan "Gota pencuri, Gota pencuri", merujuk padanya dengan nama panggilan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x