Jokowi Ungkap Ada Perdana Menteri Memohon Minta Dikirimkan Minyak Goreng

- 21 Juni 2022, 19:45 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo (Jokowi). /Dok. PDIP

PRFMNEWS - Presiden Jokowi mengungkapkan cerita mengenai perdana menteri luar negeri meminta dikirimkan batu bara Indonesia pada Januari lalu.

“Waktu bulan Januari kita stop batu bara itu, ada lima Presiden, Perdana Menteri yang telepon ke saya. ‘Presiden Jokowi mohon kita dikirim batu bara ini segera secepatnya, kalau ndak, mati ini kita, listrik kita mati, industry kita mati,” kata Presiden Jokowi pada Pidato dalam Rakernas PDIP II hari ini, Selasa, 21 Juni 2022.

Tak hanya batu bara, minyak goreng pun juga sama, ada dua Presiden dan Perdana Menteri yang meminta dikirimkan minyak goreng untuk negaranya. Namun, Presiden Jokowi mendahulukan kebutuhan dalam negeri.

Baca Juga: Jokowi Dapat Kejutan Ulang Tahun dari Megawati, Presiden: Beliau Auranya Sangat Cantik Sekali

“Waktu minyak goreng kita stop ekspor untuk kebutuhan dalam negeri dulu, batu bara juga untuk kebutuhan dalam negeri kita, ada dua presiden dan perdana menteri yang telepon saya juga, ‘Pak ini kalau bapak dalam dua hari ini tidak kirim, kami akan terjadi gejolak sosial politik di negara saya. Tolong bisa dikirimkan’,” ujar Presiden Jokowi.

Dengan adanya situasi tersebut, Presiden Jokowi pun mengecek ketersediaan batu bara dan minyak goreng, agar bisa memperhitungkan untuk dikirimkan ke negara-negara tersebut.

Baca Juga: Ditunjuk Jokowi Tangani Masalah Minyak Goreng, ini Target Luhut yang Harus Dicapai Bersama 4 Menteri Lain

“Ada itu saya cek ada stok kira-kira 3 juta ton, kemudian permintaannya 200 ribu ton, ya udah dikirim aja, 120 ribu ton kita kirim,” kata Presiden.

Jadi tetap tahu posisi kekuatan Indonesia seperti apa dan harus mulai berani menghentikan atau tidak terus-menerus mengekspor ke negara-negara tersebut.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x