Bagaimana Cara Menurunkan Peluang Terkena Diabetes Tipe 2, Coba Terapkan 3 Cara Ini

- 28 Maret 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes. /Pexels/Nataliya Vaitkevich

PRFMNEWS – Bagaimanakah cara menurunkan peluang terkena diabetes tipe 2? Sebaiknya simak 3 cara berikut ini.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, diabetes tipe 2 adalah gangguan dalam cara tubuh mengatur dan menggunakan gula (glukosa) sebagai bahan bakar. Kondisi jangka panjang (kronis) ini menyebabkan terlalu banyak gula yang beredar di aliran darah.

Hingga akhirnya, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan gangguan pada sistem peredaran darah, saraf, dan kekebalan tubuh.

Sebagaimana dilansir dari laman National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease (NIDDK), penelitian link eksternal Program Pencegahan Diabetes yang disponsori oleh National Institute of Health, telah menunjukkan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi kemungkinan terkena diabetes diabetes tipe 2 jika Anda adalah orang yang memiliki faktor risiko penyakit tersebut, berikut penjelasannya:

Baca Juga: Bolehkah Konsumsi Propolis Setiap Hari? dr. Zaidul Akbar Berikan Saran Begini

- Cobalah untuk menurunkan berat badan jika Anda mempunyai berat badan berlebih.

- Selanjutnya usahakan untuk bergerak lebih banyak, setidaknya kalian bisa melakukan sekitar 30 menit aktivitas fisik seperti berjalan, 5 kali dalam seminggu.

- Jangan lupa untuk mengasup tubuh Anda dengan makan-makanan sehat dan makanlah dengan porsi kecil agar dapat mengurangi jumlah kalori yang Anda makan. Serta pilihlah makanan yang sedikit lemak dan banyak minum air putih dibanding minuman manis.

Selain itu kalian juga bisa bertanya kepada dokter tentang apa saja yang bisa dilakukan untuk pencegahan atau penundaan diabetes tipe 2.***

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah