Bukan Rumah Sakit Biasa, Ini Profil Singkat Mayo Clinic Amerika Tempat SBY Jalani Operasi Kanker Prostat

- 12 November 2021, 16:15 WIB
SBY saat sebelum menjalani operasi kanker prostat
SBY saat sebelum menjalani operasi kanker prostat /Tangkapan layar video/Instagram/@agusyudhoyono

PRFMNEWS - Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) jalani operasi kanker prostat di Saint Mary Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat (AS), pada Kamis, 11 November 2021 pagi. Sang putra, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut, operasi ayahnya berjalan lancar dan kini dalam masa pemulihan.

Pemilihan Rumah Sakit (RS) Mayo Clinic AS sebagai tempat pengobatan SBY tentu bukan tanpa alasan. Lantas seberapa hebat RS Mayo Clinic AS ini dalam menangani kasus pasien penderita berbagai jenis penyakit kanker?

Melansir situs National Cancer Institute, berikut profil singkat RS Mayo Clinic AS.

Baca Juga: MyPos, Tempat Kongkow Sekaligus Akses Layanan Pos bagi Milenial

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono sebelum menjalani operasi kanker prostat di RS Mayo Clinic AS.
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono sebelum menjalani operasi kanker prostat di RS Mayo Clinic AS.

RS Mayo Clinic atau Mayo Clinic Cancer Center adalah salah satu pusat kanker pertama yang ditunjuk langsung oleh National Cancer Institute (NCI) atau Institut Kanker Nasional AS, pada tahun 1973.

Ini menjadi satu-satunya Pusat Kanker Komprehensif di AS yang ditunjuk NCI dengan tiga lokasi sekaligus pada tahun 2003, yakni di Rochester (Minnesota), Jacksonville (Florida), dan Scottsdale/Phoenix (Arizona).

NCI merupakan bagian dari National Institutes of Health (NIH), yang merupakan salah satu dari sebelas lembaga bagian dari Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat AS.

Mayo Clinic miliki laboratorium canggih yang mampu menunjang perawatan dan keselamatan nyawa bagi pasien kanker. Hasil penelitian di laboratorium ini berhasil menarik lebih dari 100 ribu pasien kanker datang ke Mayo Clinic Cancer Center setiap tahun untuk perawatan dan pengobatan.

Baca Juga: 7 Tanda Serangan Jantung yang Tak Terlihat, Nomor 4 Bikin Khawatir

Penelitian di Mayo Clinic Cancer Center

Mayo Clinic Cancer Center memiliki sejumlah program penelitian yang berfokus pada kanker: Imunologi dan Imunoterapi Kanker, Pencegahan dan Pengendalian Berbagai Jenis Kanker, Biologi Sel, Terapi Eksperimental.

Kanker Gastrointestinal (Kanker Lambung), Terapi Gen dan Virus, Epidemiologi Genetik dan Penilaian Risiko, Keganasan Hematologi, Neuro-Onkologi (kanker otak), dan Kanker pada Wanita.

Program penelitian tersebut telah melahirkan enam hasil studi NCI Specialized Programs of Research Excellence (SPORE) untuk penanganan kanker payudara, kanker hepatobilier (kanker hati), multiple myeloma (kanker plasma darah).

Kanker ovarium (kanker indung telur), kanker pankreas, dan limfoma (kanker kelenjar getah bening), yang juga diadaptasi oleh Holden Comprehensive Cancer Center di Universitas Iowa AS.

Program dan hasil studi ini membantu tim ilmuwan Mayo Clinic dalam melakukan ratusan uji klinis untuk menjawab berbagai keluhan pasien. Kisah sukses penelitian Mayo Clinic meliputi:

Baca Juga: Bukti Nyata Berdayakan UMKM, BRI Gelar Bazaar Klaster Mantriku dan Bantu UMKM Binaan Dapat Sertifikat Halal

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x