Hamas dan Israel Resmi Gencatan Senjata: AS Berencana Kirimkan Bantuan Kemanusiaan

- 21 Mei 2021, 14:14 WIB
Hamas sampaikan tuntutannya dalam kesepakatan gencatan senjata, pihaknya tak segan menarik pelatuk senjata jika Israel serang Palestina.
Hamas sampaikan tuntutannya dalam kesepakatan gencatan senjata, pihaknya tak segan menarik pelatuk senjata jika Israel serang Palestina. /Reuters

PRFMNEWS  - Israel dan Hamas secara resmi mengumumkan gencatan senjata hari ini Jumat 21 Mei 2021 pukul 02.00 waktu setempat. Gencatan senjata tersebut dimediasi oleh Mesir.

Selain itu pasca-perang ini Presiden Amerika Serikat, Joe Biden pun mengaku bakal memperbaiki kehancuran akibat pertempuran di Palestina dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan di Jalur Gaza.

Di pihak Hamas (kelompok yang menguasai jalur Gaza) dilansir Antara dari Reuters, Hamas dikabarkan bakal menggelar perayaan setelah gencatan senjata ini diteken. Sementara itu, di kubu Israel gencatan senjata ini terasa pahit.

Mesir, sebagai mediator mengaku telah mengirimkan dua delegasi guna memantau gencatan senjata Hamas dan Israel ini.

Baca Juga: Kombinasikan Spiritual dan Olahraga Adalah Resep Rahasia Kebahagiaan Kang Emil

Kedua kelompok yang bersebrangan itu, pun berjanji membalas pelanggaran gencatan senjata yang dilakukan oleh pihakn lawan.

Diketahui, sejak pertempuran berlangsung pada 10 Mei, pejabat kesehatan di Gaza menyebutkan bahwa 232 warga Palestina, termasuk 65 anak-anak, tewas dan lebih dari 1.900 orang terluka akibat bombardir udara. Israel mengaku telah menewaskan setidaknya 160 petempur di Gaza.

Otoritas menyebutkan jumlah korban tewas di Israel sebanyak 12 orang, dengan ratusan orang dirawat karena cedera akibat serangan roket yang menyebabkan kepanikan dan membuat warga mengungsi.

Di tengah maraknya peringatan gobal, Biden mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu agar mengupayakan deeskalasi, sementara Mesir, Qatar dan PBB berupaya untuk melakukan mediasi.

Halaman:

Editor: Haidar Rais

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x