Ketahui Tingkat Kematangan Telur Rebus, Mana Favoritmu?

- 27 Oktober 2020, 14:27 WIB
Ilustrasi telor.
Ilustrasi telor. /Pexels/Trang Doan/

PRFMNEWS - Telur menjadi salah satu makanan yang umumnya disukai semua orang dan semua kalangan. Selain praktis dan ekonomis, telur juga kaya akan protein yang baik untuk kesehatan.

Dalam mengonsumsi telur, setiap orang memiliki berbagai cara dalam proses memasaknya. Sebagian ada yang lebih suka dimasak dengan cara digoreng, namun ada pula yang dimasak dengan cara direbus.

Untuk kamu pecinta telur rebus, seperti dikutip dari , berikut tingkatan kematangan telur rebus berdasarkan lama waktu merebus.

Baca Juga: Meski Bentuknya Kecil, Daun Kemangi Miliki Manfaat yang Banyak

Pertama yakni telur yang direbus selama 2 menit. Hasil dari telur rebus pada tingkatan pertama ini adalah putih telur belum sepenuhnya mengeras dan kuning telur masih mentah.

Tingkatan selanjutnya, putih telur matang sepenuhnya, tetapi kuning telur masih kental dan encer. Ini merupakan hasil dari telur yang direbus selama 4 menit.

Telur setengah matang, mungkin ini sebutan yang tepat untuk telur yang direbus selama 6 menit. Pada tingkatan ini putih telur matang sepenuhnya, dan kuning telur sebagian besar mengeras, tetapi masih sedikit encer di bagian tengah.

Lanjut ke tingkatan selanjutnya untuk telur yang direbus selama 8 menit. Hasil telur rebus pada tingkatan ini cukup ideal, putih telur dan kuning telur matang sepenuhnya serta agak empuk.

Tingkatan terakhir yaitu telur yang direbus selama 10 menit. Putih telur kuning telur matang sepenuhnya, namun kuning telur lebih keras dari tingkatan sebelumnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: No Recipes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x