Viral Skandal Impor Ilegal Sepatu Donasi Singapura yang Dijual di Indonesia, Kemenperin Janji Usut Tuntas

- 7 Maret 2023, 17:06 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. /ANTARA/HO-Biro Humas Kemenperin/


PRFMNEWS - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian akan mengusut tuntas skandal impor sepatu bekas ilegal hasil donasi masyarakat Singapura.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan maraknya impor ilegal sepatu bekas menjadi kendala subsektor industri alas kaki untuk tumbuh optimal.

Ia menuturkan berdasarkan hasil investigasi salah satu media Singapura, terungkap banyak sepatu bekas dari negara itu yang harusnya disumbangkan tetapi berakhir dijual di pasar loak Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Beri Dukungan KPU untuk Banding Atas Putusan Penundaan Pemilu

"Sepatu-sepatu bekas dari negara tersebut (Singapura) yang disumbangkan pemiliknya untuk proyek sustainability ternyata berakhir di pasar-pasar loak di Indonesia. Praktik impor ilegal sepatu bekas ini harus dihentikan karena berdampak buruk bagi industri alas kaki dalam negeri," kata Agus dikutip prfmnews.id dari dw.com pada Selasa, 7 Maret 2023.

Menperin menyebut, bahwa sepatu donasi masyarakat Singapura tersebut seharusnya didaur ulang menjadi alas taman bermain dan trek lari.

Namun, hasil pelacakan seorang jurnalis Singapura menunjukkan bahwa sepatu-sepatu itu dijual di pusat penjualan sepatu bekas yang ada di Batam maupun Jakarta.

Baca Juga: Ini Usulan Lokasi Pembangunan Flyover Buahbatu-Kiaracondong yang Kini Masuk Tahap Readiness Criteria

"Kejadian ini menunjukkan bahwa impor ilegal sepatu bekas dilakukan secara terorganisasi dan menyalahgunakan proyek sosial. Kemenperin tidak bisa sendirian bertindak memerangi aktivitas impor ilegal ini. Perlu dukungan dari pihak-pihak yang memiliki kewenangan untuk menerapkan aturan dengan tegas," ujarnya.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x