Cek Fakta: Benarkah Daun Kemangi Obat Penghilang Gatal pada Kulit?

- 22 Oktober 2021, 16:28 WIB
Isu daun kemangi bisa menjadi obat gatal
Isu daun kemangi bisa menjadi obat gatal /Dok Tim Turnbackhoax.



PRFMNEWS - Isu daun kemangi merupakan obat penghilang gatal pada kulit manusia, beredar diantara pengguna media sosial Facebook.

Daun kemangi atau daun serawung, menurut pengguna Facebook dengan nama 'Dokter Herbal' bisa hilangkan gatal-gatal dengan cara digosokan ke area kulit yang terasa gatal.

Menurut si Dokter Herbal tersebut, cukup gosokkan daun kemangi di area kulit yang gatal usahakan gosok sampai air daun kemangi itu keluar.

Baca Juga: Seru! Sensasi Rafting di Tengah Kota Bandung dan Terapi Ikan, Siap Manjakan Pengunjung Teras Cikapundung

“Pasti Ada yang pernah mengalami gatal2 seperti ini? Gatalnya minta ampuuuun, kadang ngegaruknya sampai berdarah, Alhamdulillah ketemu sama obatnya, Harganya sangat murah dan gampang dapatnya. Daun Kemangi/serawung. Cukup gosokkan daun kemangi di tempat yang gatal usahakan gosok sampai air daun kemanginya keluar ya karna yang jadi obatnya itu getah daunnya. Indahnya berbagi,” tulis pengguna akun Facebook Dokter Herbal seperti dikutip prfmnews.id, Jumat 22 Oktober 2021.

Tapi setelah ditelusuri informasi tersebut oleh tim Turn Back Hoax, ternyata klaim daun kemangi bisa obati gatal ternyata salah.

Faktanya belum ada penelitian yang membuktikan getah daun kemangi dapat mengobati gatal.

Baca Juga: Ranking BWF Terbaru: 12 Atlet Bulu Tangkis Indonesia Masuk 10 Besar Top Dunia, Siapa Saja?

Seperti dikutip prfmnews.id dari laman turnbackhoax, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, dr. Dedianto Hidajat menegaskan bahwa informasi itu hoaks.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Turnback Hoax


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x