Nomor Plat Kendaraan Bisa Menentukan Kendaraan Beli Kredit atau Cash, Benarkah? CEK FAKTA di Sini

- 9 Oktober 2021, 19:49 WIB
ILUSTRASI mobil di tol.*
ILUSTRASI mobil di tol.* /PRFMNEWS

PRFMNEWS - Beredar video yang menyebutkan plat nomor kendaraan bisa menentukan jenis pembelian apakah secara kredit (cicil) atau cash.

Akun TikTok @yuyunel05 membagikan video tersebut. Akun itu menyebutkan, pelat nomor yang diawali angka 4 atau 6 menunjukkan bahwa kendaraan dibeli secara tunai, sedangkan angka selain itu menandakan kendaraan dibeli secara kredit.

Benarkah informasi itu?
Kasubdit STNK Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Komisaris Besar M Taslim Chairuddin mengatakan informasi tersebut tidak benar.

Baca Juga: CEK FAKTA: Jokowi Joget di Tengah Kerumunan saat Tinjau PON XX Papua?

Seperti dikutip laman Jaber Saber Hoaks, penomoran pada pelat nomor kendaraan dilakukan secara sistematis. Penomoran akan urut secara otomatis. Pemberian pelayanan regident kendaraan bermotor bertujuan untuk melindungi masyarakat atas kepemilikan ranmor.

Taslim menambahkan, selama ini juga ada yang meminta nomor pelat sesuai keinginan. Untuk pembuatan nomor pelat kendaraan bermotor berdasarkan nomor pilihan atau yang dikenal dengan "nomor cantik", maka akan dikenakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Muhammad Kece Cabut Laporan Kasus Penganiayaan yang Dilakukan Irjen Napoleon? ini Faktanya

Baca Juga: CEK FAKTA: Ulang Tahun ke-120, BRI Bagi-bagi Hadiah Rp5 Juta?

Klaim adanya adanya pembedaan nomor pelat kendaraan untuk menandakan jenis pembayaran secara tunai atau kredit adalah salah.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x