Pasca Diluncurkan Pekan Lalu, Ratusan Kendaraan Berat Telah Manfaatkan BLUe

- 9 November 2020, 10:36 WIB
 Petugas memperlihatkan kartu BLUe dan sertifikat tanda bukti lulus uji dari satu unit bus penumpang umum. Proses pencetakan kartu sendiri hanya perlu waktu kurang dari 5 detik, setelah laporan data pengujian disampaikan ke Kementerian Perhubungan.***
Petugas memperlihatkan kartu BLUe dan sertifikat tanda bukti lulus uji dari satu unit bus penumpang umum. Proses pencetakan kartu sendiri hanya perlu waktu kurang dari 5 detik, setelah laporan data pengujian disampaikan ke Kementerian Perhubungan.*** /PRFMNEWS


PRFMNEWS - Ratusan kendaraan besar seperti bus dan truk dengan tonase lebih dari 8000 ton, mulai memanfaatkan layanan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) berbentuk kartu.

Penguji Penyelia pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Nana Suyatna menjelaskan, sejak diluncurkan pada Kamis 5 November 2020 lalu, setiap harinya tidak kurang dari 30 kendaraan besar melakukan pengujian.

“Sejak di-launching (diluncurkan), rata-rata 30 kendaraan seperti truk dan bus yang melakukan pemgujian, langsung memanfaatkan BLUe. Bahkan hari ini sepertinya akan banyak, karena Sabtu-Minggu libur sehingga semua pasti datang hari ini,” jelas Nana ditemui di kantor Dishub kota Bandung, jalan SOR Gedebage, Senin 9 November 2020.

Baca Juga: Joe Biden Menangi Pilpres AS, INDEF: Dampak Ekonominya Sudah Terasa ke Indonesia Seminggu Terakhir

Baca Juga: Naik, Berikut Harga Emas Logam Mulia Update Senin 9 November 2020

Menurut Nana, pihaknya mendapatkan jatah kartu BLUe sebanyak 60.000 keping yang dialokasikan untuk 60.000 kendaraan besar debgan tonase di atas 8000 ton.

Jumlah tersebut merupakan kebutuhan yang disiapkan Dishub hingga tahun depan, atau sampai stok buku lulus uji manual habis.

“Ya kalau diperkirakan untuk berapa lama, tergantung habisnya buku manual saja. Tetapi yang jelas kendaraan besar jadi prioritas. Sementara kendaraan di bawah tonase 8000 masih gunakan buku manual. Intinya buku itu harus habis dulu karena aset negara,” katanya.

Nana menambahkan, proses pelaksanaan uji KIR menggunakan BLUe sejauh ini masih lancar dan tidak menemui kendala teknis. Semua alat pendukung berfungsi dengan baik tanpa ada hambatan.

“Petugas lebih mudah, pemilik kendaraan di mudahkan. Sebelum ada BLUe, proses pelayanan bisa mencapai satu jam. Sekarang, hanya maksimal 40 menit. Jadi bisa memangkas waktu pelayanan selama 20 menit,” katanya.

Baca Juga: Jelang Piala Dunia U-20, Lapangan UNPAD, IPDN, Sidolig dan Beberapa Lapangan Lain Direnovasi

Baca Juga: Yana Minta PBSI Kota Bandung Cetak Atlet Bulu Tangkis Kelas Dunia

Sebelumnya diberitakan, Dishub Kota Bandung pada Kamis 5 November 2020 lalu resmi meluncurkan produk pelayanan dengan inovasi baru.

Sistem pencatatan pemeriksaan kendaraan berkala, atau lebih di kenal dengan istilah Uji KIR, yang semula menggunakan buku manual, kini berubah menggunakan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) berbentuk kartu.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengatakan, peningkatan pelayanan terhadap masyarakat menjadi prioritas utama.

Dengan peluncuran BLUe diharapkan dapat memberikan dampak positif. Salah satunya, meminimalisir praktek manipulasi KIR yang kerap kali terjadi.

“Dengan elektronik ini, tentunya bisa memberikan dampak positif. Bisa mempermudah masyarakat untuk melaksanakan pengujian,” kata Oded di Kantor Dishub Kota Bandung, Kamis 5 November 2020.***

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x