PPDB Sudah Dimulai, Pemkot Bandung Tegaskan Tidak Ada Sekolah Favorit Lagi

- 23 Mei 2024, 13:30 WIB
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung Tantan Syurya Santana
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung Tantan Syurya Santana /Diskominfo kota Bandung/

PRFMNEWS - Saat ini proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) kota Bandung untuk tingkat SD dan SMP sudah mulai memasuki tahapan pengunggahan data pribadi di aplikasi atau situs web resmi, ppdb.bandung.go.id yang bisa dilihat secara transparan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung Tantan Syurya Santana menyampaikan, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sudah meratakan sekolah di sekolah Bandung sehingga sudah tidak ada lagi status sekolah favorit.

Menurutnya, dengan adanya sistem zonasi justru memudahkan masyarakat mengakses pendidikan.

"Pemkot Bandung berkomitmen semua anak harus bersekolah. Sudah tidak ada lagi namanya sekolah favorit, semua sama. Karena sistemnya zonasi jadi lebih mendekatkan akses masyarakat kepada satuan pendidikan," beber Tantan pada kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Rabu 22 Mei 2024.

Baca Juga: Jadwal Layanan Disdukcapil Kota Bandung untuk Keperluan PPDB 2024

Pada PPDB tahun ini, Pemkot Bandung memastikan kuota yang mencukupi untuk bangku SD maupun SMP.

Kata Tantan, saat ini di Kota Bandung ada 272 SD Negeri dan 187 SD swasta. Sedangkan siswa SD yang akan melanjutkan ke jenjang SMP ada sekitar 34.000.

Adapun untuk jumlah SMP di kota Bandung saat ini mencapai 272 SMP yang terdiri dari 75 SMP negeri dan 197 SMP swasta.

"Kalau lihat lulusan Taman Kanak-kanak yang akan masuk SD usia 6-7 tahun ini bisa masuk semua. Baik negeri atau swasta. SD Negeri di Kota Bandung itu berjumlah 272 dan swasta 187 sekolan, ini cukup kalau dihitung usia," bebernya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah