Wapres Ma’ruf Amin Diagendakan Buka Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana di Kota Bandung

- 24 April 2024, 07:00 WIB
Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin
Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin /Setwapres

PRFMNEWS - Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin diagendakan hadir untuk membuka rangkaian pertemuan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) Tahun 2024 di Kota Bandung pada hari ini, Rabu 24 April 2024.

Ketua Panitia Rakornas PB 2024, Raditya Jati mengonfirmasi hal tersebut.

"Rakornas PB 2024 akan dibuka Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Rabu tanggal 24 April 2024," ujarnya dalam keterangan resmi Rakornas PB 2024.

Raditya menjelaskan, Rakornas PB 2024 merupakan ajang penting yang diinisiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk evaluasi dan menentukan peta jalan upaya penanggulangan bencana domestik yang berkelanjutan guna menjawab tantangan perubahan iklim dunia.

Raditya menilai, Wapres Ma'ruf Amin dirasa spesial bagi lebih dari 2 ribu peserta mencakup Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dari 24 provinsi, kementerian/lembaga, TNI/Polri, Basarnas, profesional, pakar, dan segenap organisasi bidang kebencanaan yang terlibat dalam Rakornas PB 2024 di Grand Ballroom eL Hotel Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, 23-24 April 2024.

"Hal itu karena Wapres Ma'ruf Amin juga akan menyampaikan evaluasi dan butir-butir rumusan bersama yang menjadi komitmen kuat Indonesia dalam membangun resiliensi atau kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan iklim dan upaya penanggulangan bencana," ujarnya.

Menurut Raditya, setidaknya ada lima tema pembahasan yang akan dikaji dalam Rakornas PB 2024, yakni kebijakan dan strategi, prabencana, kedaruratan dan logistik, pascabencana, dan tata kelola penanggulangan bencana.

Raditya Jati yang juga Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB mengatakan bahwa dari setiap tema tersebut BNPB selaku penyelenggara utama akan merinci pada hal pemanfaatan teknologi dan inovasi dalam upaya penanggulangan bencana.

Raditya menyebutkan, tema tersebut penting sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo kepada komunitas dunia dalam event Global Platform for Disaster Risk Reduction di Bali pada tahun 2022.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x