Update Pembangunan Tol Dalam Kota Bandung di 2024, Pj Walkot: PUPR Ringankan Beban Kewajiban Pemda

- 9 Maret 2024, 12:00 WIB
Ilustrasi - Tol Dalam Kota Bandung
Ilustrasi - Tol Dalam Kota Bandung /

BANDUNG, PRFMNEWS - Penjabat (Pj) Wali Kota (Walkot) Bandung Bambang Tirtoyuliono menyambut baik kelanjutan rencana pembangunan Jalan Tol Dalam Kota Bandung atau Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) oleh Kementerian PUPR mulai tahun 2024 sebagai salah satu solusi mengatasi kemacetan lalu lintas.

Bambang Tirtoyuliono bahkan menyebut Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendapat dukungan penuh dari Kementerian PUPR terkait persiapan pembangunan Jalan Tol Dalam Kota Bandung mulai 2024 ini.

Bambang mengungkap Kementerian PUPR memberi keringanan beban kewajiban Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Bandung yang awalnya pengadaan lahan untuk dibangun BIUTR termasuk merupakan tugas pemkot, kini menjadi 100 persen tanggung jawab Kementerian PUPR.

“Termasuk di antaranya adalah kewajiban pengadaan lahan yang semula merupakan kewajiban dari daerah, kami minta dukungan dari Pemerintah Pusat karena kemampuan fiskal dari daerah ini terbatas,” ujar dia di Kota Bandung, Kamis 7 Maret 2024.

Bambang berharap bentuk dukungan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR tersebut dapat mempercepat dan memperlancar proses proyek pembangunan Tol Dalam Kota Bandung yang diharapkan kehadirannya mampu mengurai kemacetan lalu lintas.

“Alhamdulillah ini didukung penuh oleh pusat. Kami sangat menyambut baik, karena kemacetan di Kota Bandung ini kan sangat tinggi sekali,” tuturnya.

Lebih lanjut Bambang menegaskan Pemkot Bandung siap memberikan dukungan dengan mempermudah segala perizinan terhadap proyek tersebut agar dapat segera groundbreaking pada tahun 2024.

“Oleh karenanya, kami sangat menunggu dan tentunya konsekuensinya adalah dukungan perizinan,” ucapnya.

Bambang memastikan rencana kelanjutan pembangunan Tol Dalam Kota Bandung ini tentunya menjadi angin segar bagi warga maupun pemerintah daerah karena sudah belasan tahun dinanti-nantikan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x