Pemkot Bandung Beri Saran Menu dan Tampilan Makan Siang Gratis Bagi Siswa di 6 Sekolah Arcamanik

- 15 Mei 2024, 07:40 WIB
Plh Sekda Kota Bandung Hikmat Ginanjar saat beraudiensi dengan IFSR di Balai Kota Bandung Senin, 13 Mei 2024.
Plh Sekda Kota Bandung Hikmat Ginanjar saat beraudiensi dengan IFSR di Balai Kota Bandung Senin, 13 Mei 2024. /Diskominfo Kota Bandung/

PRFMNEWS – Kota Bandung terpilih menjadi salah satu lokasi pelaksanaan uji coba program makan siang gratis yang dilakukan oleh Indonesia Food Security Review (IFSR). Sebelumnya, IFSR sudah melakukan uji coba program ini di sekolah wilayah Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar).

Untuk pelaksanaan uji coba program makan siang gratis di Kota Bandung, IFSR akan menyiapkan sebanyak 2.500 porsi makanan bergizi untuk dibagikan ke siswa-siswi 6 sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Arcamanik. Jadwal pelaksanaan akan berlangsung 90 hari mulai Juli hingga September 2024.

Plh Sekretaris Daerah Kota Bandung Hikmat Ginanjar mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung siap mendukung program uji coba pembagian makan siang gratis dari IFSR yang dinamai sebagai program “Makan Bergizi Gratis di Sekolah”.

Terkait menu makan siang gratis di 6 sekolah wilayah Arcamanik Kota Bandung yang akan dibagikan selama uji coba program Makan Bergizi Gratis di Sekolah ini, ujar Hikmat, pihaknya menitipkan sejumlah catatan, antara lain higienitas, pengemasan termasuk tampilan menu makanan, dan sanitasi.

Baca Juga: Kota Bandung Bakal Jadi Lokasi Pilot Project Makan Siang Gratis dari IFSR, 6 Sekolah Dipilih

Sebagai salah satu lokasi pilot project, Hikmat berharap pelaksanaan uji coba pembagian makan siang gratis ke sekolah di wilayah Arcamanik Kota Bandung dapat berjalan maksimal. Apalagi ini sejalan dengan program unggulan dari Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Makanan harus dijaga higienisnya. Saran menu dan tampilan harus kekinian sehingga anak antusias. Dari mulai penyajian dan tata kelola teknologi pangan harus menarik karena program ini akan menasional," ungkap Hikmat saat menerima Audiensi dari IFSR di Balai Kota Bandung, Senin 13 Mei 2024.

Ia menambahkan, kolaborasi antara IFSR dan Pemkot Bandung melalui program ini juga sebagai upaya mempersiapkan anak didik berkualitas, serta sehat secara jasmani, rohani, dan keuangan. Program ini menurutnya juga sejalan dengan upaya pencegahan stunting.

"Atas nama Pemerintah Kota Bandung tentunya kami sangat mendukung program ini yang akan dilaksanakan oleh IFSR. Pemerintah sangat mengharapkan bagaimana kita bisa bekerja sama berkolaborasi dalam mempersiapkan anak-anak didik kita yang berkualitas, sehat jasmaninya, sehat rohaninya, dan sehat keuangannya," terang Hikmat.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah