Warga Diimbau Tak Beri Makan Atau Ganggu Kawanan Monyet yang Berkeliaran di Bandung

- 6 Maret 2024, 15:00 WIB
Kawanan monyet berkeliaran di daerah Sukaluyu, Kota Bandung, Rabu 28 Februari 2024
Kawanan monyet berkeliaran di daerah Sukaluyu, Kota Bandung, Rabu 28 Februari 2024 /NETIZEN PRFM

BANDUNG, PRFMNEWS - Saat ini sekitar lima hingga enam ekor monyet ekor panjang masih berkeliaran di Bandung dan sekitarnya sejak Rabu, 28 Februari 2024.

Kasi KSDA Wilayah III Bandung Halu Oleo mengingatkan masyarakat untuk tidak memberikan makanan atau bahkan menganggu monyet-monyet tersebut.

Menurut dia, kawanan monyet tersebut merupakan monyet liar yang harus dijaga sifat keliarannya agar tidak terjadi perubahan sifat.

Baca Juga: BBKSDA Jabar Tunggu Waktu dan Tempat yang Tepat untuk Tangkap Kawanan Monyet Liar di Bandung

"Yang paling penting adalah monyet ekor panjang yang sekarang berkeliaran itu jangan diberikan pakan, ini yang perlu kita hindari, jangan diganggu itu bisa kita lempar, kita kejar dan sebagainya supaya dia tidak mengalami perubahan perilaku," jelasnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel Rabu, 6 Maret 2024.

Berdasarkan analisa awal, kawanan monyet di Bandung ini diduga berasal dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Tahura) Bandung.

Kawanan monyet ini diduga berasal dari kelompok monyet yang kalah saing dengan kawanan monyet lainnya sehingga memilih untuk keluar dari kawasan Tahura Bandung.

"Terkait dengan adanya monyet panjang yang saat ini berkeliaran di Kota Bandung memang itu analisa kami waktu kita cek di lapangan monyet ekor panjang ini dari prilakunya kalau yang dilihat saat ini itu adalah monyet ekor panjang yang sifatnya liar kemudian kemungkinan dia di sekitaran kawasan hutan di Dago di Tahura itu dia keluar dari kelompoknya," jelasnya.

Baca Juga: Perjalanan Kawanan Monyet Liar dari Kota Bandung kini Sudah Sampai di Kabupaten Bandung

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah