Pj Wali Kota Bandung : Warga Tak Usah Panik, Stok Beras Aman Hingga Hari Raya Idul Fitri

- 20 Februari 2024, 19:00 WIB
Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono saat pantau pasar murah di Kiaracondong Kota Bandung Selasa, 20 Februari 2024.
Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono saat pantau pasar murah di Kiaracondong Kota Bandung Selasa, 20 Februari 2024. /Diskominfo kota Bandung/

BANDUNG, PRFMNEWS - Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono menjamin stok beras di Gudang Bulog untuk masyarakat masih aman hingga Hari Raya Idul Fitri mendatang. Dirinya meminta masyarakat Kota Bandung tidak perlu khawatir dan panik dengan persediaan beras.

Adapun terkait fenomena kelangkaan yang menjadi opini, kata Bambang, hal tersebut salah satunya disebabkan karena mundurnya masa panen.

Meski begitu, Bambang memastikan Pemkot Bandung terus berupaya menghadirkan beras medium dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

Bambang mengatakan, suplai beras kepada pedagang memang mengalami penurunan karena masa panen mundur akibat adanya fenomena El Nino. Apalagi di Kota Bandung yang tidak punya banyak lahan sawah harus mengimpor beras dari daerah lainnya, sehingga penurunan suplai sulit ditanggulangi.

Baca Juga: Warga Kota Bandung Terbantu dengan Adanya Operasi Pasar Beras Medium dan Pasar Murah

"Fenomena El Nino memang tidak bisa dihindari. Dampaknya masa panen jadi mundur. Tapi perlu kami sampaikan Stok beras di Kota Bandung aman. Kami sudah cek di sekitar 34 pasar tradisional, itu stoknya aman. Tersedia paling tidak lebih dari 1 ton. Jadi, tidak perlu khawatir," ucap Bambang saat meninjau Operasi Pasar Beras Medium Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) dan Pasar Murah di Kecamatan Kiaracondong, Selasa 20 Februari 2024.

Ia membeberkan, Pemkot Bandung telah berupaya menstabilkan harga beras yang dalam beberapa waktu ke belakang mengalami kenaikan.

Antara lain berkoordinasi dengan Bulog Kota Bandung, lalu menyediakan akses bagi masyarakat untuk mendapatkan beras baik di pasar atau lewat kegiatan pasar murah, serta mendorong beras medium untuk bisa masuk ke toko ritel.

Operasi Pasar Beras Medium SPHP dan Pasar Murah di Kecamatan Kiaracondong ini mengundang antusias masyarakat begitu besar. Sejak pagi, masyarakat di sekitar Kecamatan Kiaracondong sudah mengantre untuk mendapatkan beras yang dibanderol Rp53.000 per 5 kilogram ini.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x