Rute Lewati Gedebage, Tol Dalam Kota Bandung Masuk Daftar Solusi Urai Kemacetan Selain Pelebaran Jalan

- 7 Februari 2024, 06:30 WIB
ANTREAN kendaraan keluar dari Jalan Layang Pasupati di perempatan Jalan Tamansari-Cikapayang, Kota Bandung, Senin, 7 Januari 2019. Wacana pembangunan BIUTR kembali dihidupkan sebagai solusi pengaturan lalu lintas.*/ARIF HIDAYAH/PR
ANTREAN kendaraan keluar dari Jalan Layang Pasupati di perempatan Jalan Tamansari-Cikapayang, Kota Bandung, Senin, 7 Januari 2019. Wacana pembangunan BIUTR kembali dihidupkan sebagai solusi pengaturan lalu lintas.*/ARIF HIDAYAH/PR /arif hidayah/

GEDEBAGE, PRFMNEWS – Hadirkan berbagai solusi guna mengurai kemacetan di Kota Bandung khususnya kawasan Gedebage yang kini semakin parah karena bertambahnya pusat keramaian sehingga mendorong peningkatan pengunjung dan kendaraan, menjadi agenda prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pada awal tahun 2024.

Mendorong kembali pembangunan Tol Dalam Kota Bandung atau Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) ke pemerintah pusat khususnya Kementerian PUPR, hingga mempercepat pelebaran Jalan Gedebage Selatan masuk dalam daftar solusi mengurai kemacetan yang dipertimbangkan Pemkot Bandung.

Terkait proyek BIUTR, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna menjelaskan, pembangunan Tol Dalam Kota Bandung sebagai solusi jangka panjang mengurai kemacetan sebenarnya sudah sejak lama ditargetkan untuk dikerjakan namun terkendala beberapa hal.

Baca Juga: Pemkot Bandung Dorong Penyelesaian Exit Tol KM 149 Sampai Jalan Soekarno Hatta

“Dulu sudah ada namanya program BIUTR yang menghubungkan antara Gedebage sampai ke Pasteur. Itu seinget saya masih eranya (Wali Kota Bandung) Pak Dada Rosada, tapi ternyata Alhamdulillah sampai sekarang ini kan tidak berprogres walaupun itu memang proyek pusat, daya dukungnya saya dengar dulu itu dari JICA (Japan International Cooperation Agency),” ujar Ema Sumarna saat talkshow di Radio 107.5 PRFM News Channel beberpa waktu lalu.

Ema menambahkan, proyek BIUTR pada beberapa tahun ke belakang sudah akan lanjut dikerjakan namun terkendala pandemi Covid-19 sehingga pembangunan Tol Dalam Kota Bandung yang trase jalannya direncanakan menghubungkan antara kawasan Pasteur hingga Cileunyi ini kembali tertahan.

“Kita sudah dua kali sebenarnya rapat, kemarin sebenarnya sudah akan berprogres tapi Allah mentakdirkan lain karena datang Covid jadi itu tertahan lagi,” sebutnya.

Lebih lanjut Ema menjabarkan gagasan rute BIUTR yang sejak awal direncanakan adalah dari keluar Exit Tol Pasteur, kendaraan langsung naik ke jalan layang yang terkoneksi ke Flyover Pasupati hingga kemudian melintasi kawasan Ujung Berung dan Gedebage.

Baca Juga: Pemkot Bandung Ungkap Kabar Terbaru Tentang BIUTR dan KM 149 Gedebage

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x