Wanti-wanti OJK ke Danacita soal Pinjol Berbunga untuk Bayar Uang Kuliah Mahasiswa ITB

- 27 Januari 2024, 15:00 WIB
Viral program cicilan pembayaran UKT di ITB gunakan pinjol
Viral program cicilan pembayaran UKT di ITB gunakan pinjol /Twitter @ITBFess

PRFMNEWS - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memanggil pihak manajemen PT Inclusive Finance Group (Danacita) untuk meminta penjelasan terkait kabar viral pinjaman online (pinjol) dengan bunga melalui layanannya terhadap mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk pelunasan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Danacita oleh OJK saat pertemuan yang berlangsung pada Jumat, 26 Januari 2024 mendapatkan pesan khusus terkait penerapan mekanisme pinjol bagi mahasiswa ITB untuk pembayaran tunggakan Uang Kuliah Tunggal. Hal ini juga menjadi salah satu poin hasil pertemuan di antara kedua belah pihak.

“Sebagai tindak lanjut, OJK telah meminta Danacita untuk tetap memperhatikan aspek kehati-hatian dan transparansi dalam penyaluran pembiayaannya dan lebih meningkatkan edukasi kepada mahasiswa mengenai hak dan kewajiban konsumen, termasuk aspek risikonya dan seluruh aspek pelindungan konsumen lainnya. Secara periodik OJK akan memantau pelaksanaan hal-hal tersebut,” kata Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK, Aman Santosa, dalam keterangan resminya, Jumat 26 Januari 2024.

Baca Juga: Kata Warga tentang Penataan PKL yang Dilakukan Pemkot Bandung

Aman memastikan Danacita merupakan Penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) yang telah memperoleh izin (legal) dari OJK tanggal 2 Agustus 2021 dan memiliki bisnis utama memberikan layanan pembiayaan pendidikan.

Menurut keterangan yang diperoleh dari hasil pertemuan itu pula, lanjut Aman, Danacita telah melakukan kerja sama resmi dengan ITB dalam rangka penyediaan fasilitas pendanaan Uang Kuliah Tunggal untuk mahasiswa ITB.

“Kerja sama tersebut dilakukan dalam rangka memberikan pilihan jalan keluar bagi mahasiswa yang kesulitan melakukan pembayaran UKT. Pinjaman baru diberikan jika terdapat pengajuan dari mahasiswa yang bersangkutan dan telah melalui proses analisis kelayakan oleh Danacita,” ujar dia.

Baca Juga: Multaqo Ulama dan Tokoh Masyarakat se-Jabar di Bandung Bakal Tentukan Pilihan Pilpres

Danacita juga menyampaikan bahwa kerja sama Danacita dengan ITB dalam bentuk fasilitas pembiayaan mahasiswa bukan yang pertama kali, namun hal tersebut juga telah dilakukan dengan perguruan tinggi lainnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: OJK


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x