Optimalkan Operasional BRT Bandung Raya di 2024, Bank Dunia Gelar Pelatihan Bagi Para Pemangku Kepentingan

- 24 Januari 2024, 07:40 WIB
Pelatihan pemangku kebijakan jelang operasional BRT Bandung Raya di Kota Bandung.
Pelatihan pemangku kebijakan jelang operasional BRT Bandung Raya di Kota Bandung. /Pemprov Jabar/

BANDUNG, PRFMNEWS – Moda transportasi umum massal Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya ditargetkan beroperasi penuh pada pertengahan tahun 2024. Hal tersebut disampaikan Direktur Lalu Lintas Jalan, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Ahmad Yani.

Jelang pengoperasian penuh BRT Bandung Raya, Bank Dunia selaku penyandang dana pengembangan proyek transportasi umum massal tersebut menggelar kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Para Pemangku Kepentingan BRT Bandung Raya di Kota Bandung.

Pelatihan ini digelar selama tiga hari yakni mulai Senin hingga Rabu, 22-24 Januari 2024 diikuti para pemangku kepentingan terdiri atas semua instansi pemerintah daerah, mulai dari Pemprov Jabar serta pemerintah kabupaten dan kota Bandung Raya meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang.

Baca Juga: Kabar Terbaru dari Kemenhub, BRT Bandung Raya Beroperasi Mulai Pertengahan Tahun ini

"Kita harus memberi pemahaman yang menyeluruh terhadap semua pemangku kepentingan baik pemerintah maupun non - pemerintah tentang semua proses, agar pada pelaksanaannya semua menjadi tahu hak dan kewajibannya," ujar Ahmad Yani, Selasa 23 Januari 2204.

Dalam sosialisasi dan pelatihan tersebut, jelas Ahmad Yani, Bank Dunia memaparkan semua syarat yang harus dipenuhi dalam pembangunan sistem moda transportasi massal BRT Bandung Raya.

"Mereka nanti yang akan menjelaskan syarat apa saja yang harus dipenuhi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi," ungkapnya.

Sementara itu, Senior Social Development Specialist Bank Dunia, Mohammad Yasin Nurri menambahkan, langkah awal yang harus dilaksanakan para pemangku kepentingan dalam pembangunan BRT Bandung Raya yakni mulai dari penyiapan tenaga kerja sampai dengan mitigasi dampak sosial dan lingkungan selama pembangunan jalur hingga masa operasional.

Baca Juga: Pemprov Jabar Mulai Operasikan 4 Rute BRT Bandung Raya di 2024, Termasuk 2 Koridor Baru Pendukung Whoosh

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x