Selain KA Feeder, Penumpang Whoosh Bisa Naik BRT Bandung Raya ke Stasiun Kereta Cepat Mulai Tahun ini

- 21 Januari 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi BRT Bandung Raya
Ilustrasi BRT Bandung Raya /Dok PRFM

PRFMNEWS – Transportasi umum Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya siap melayani penumpang Whoosh dengan rute dari/ke Stasiun Kereta Cepat Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, maupun Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Jika sebelumnya penumpang Whoosh menggunakan Kereta Api (KA) Feeder KCJB dari Stasiun KAI Bandung, Kota Bandung, menuju Stasiun Kereta Cepat Padalarang atau rute sebaliknya, maka mulai awal tahun 2024 ini bisa naik alternatif transportasi umum lain, yakni BRT Bandung Raya.

Begitu pula bagi penumpang Whoosh yang akan menuju Stasiun Kereta Cepat Tegalluar dari pusat Kota Bandung atau sebaliknya, dapat naik BRT Bandung Raya yang beroperasi menggunakan armada bus listrik dengan titik lokasi keberangkatan di Stasiun KAI Bandung.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Kampanye Pemilu 2024, Kampanye di Media Massa 21 Januari Sampai 10 Februari 2024

Layanan BRT Bandung Raya rute dari/ke Stasiun Kereta Cepat Padalarang, merupakan perpanjangan trayek dari koridor Teman Bus/Trans Metro Pasundan (TMP) yang selama ini sudah beroperasi, yakni Koridor 2D Alun alun Bandung – Kota Baru Parahyangan ditambah ke Stasiun Kereta Cepat Padalarang.

Sedangkan layanan BRT Bandung Raya menggunakan bus listrik rute dari/ke Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, adalah salah satu dari dua rute baru yang mulai diuji coba operasionalnya oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar melayani Koridor Stasiun Hall Bandung – Stasiun Kereta Cepat Tegalluar.

Adapun satu lagi koridor baru yang mulai diujicobakan oleh Pemprov Jabar pada awal tahun 2024 ini adalah melayani jalur rute Cibiru – Kebon Kalapa. Periode uji coba operasional kedua koridor baru tersebut dilakukan pada tiga bulan pertama 2024, yakni Januari, Februari, dan Maret.

Baca Juga: Pasar Baru Bandung Beroperasi Normal Mulai Hari Ini

"Kita akan uji coba dalam tiga bulan ini. Kita rencanakan menggunakan bus listrik, ini sebagai upaya menarik minat menggunakan transportasi massal terutama yang menggunakan tenaga listrik” kata Kepala Bappeda Jabar Iendra Sofyan, Selasa 16 Januari 2024.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x