2 Rute Baru Bus Listrik di Bandung Beroperasi Tahun ini, Main ke Pusat Kota Makin Mudah

- 21 Januari 2024, 13:00 WIB
Bus Listrik yang layani koridor Dago - Leuwipanjang di Bandung.
Bus Listrik yang layani koridor Dago - Leuwipanjang di Bandung. /prfmnews

PRFMNEWS – Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya menggunakan armada bus listrik akan diujicobakan pada awal tahun 2024 ini. Ada 2 (dua) koridor rute baru bus listrik yang bakal dioperasikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

Dua koridor rute baru bus listrik yang merupakan bagian dari layanan transportasi umum BRT Bandung Raya yang akan diujicobakan pada awal tahun 2024 meliputi trayek Cibiru – Kebon Kalapa dan Stasiun Hall Bandung – Stasiun Kereta Cepat Tegalluar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar Iendra Sofyan mengatakan uji coba operasional dua koridor rute baru BRT Bandung Raya menggunakan bus listrik tersebut akan dilakukan tiga bulan pertama 2024.

Baca Juga: Segera Rilis Lagu Salam Metal, Slank Deklarasikan Dukungan untuk Capres-Cawapres 03

"Kita akan uji coba dalam tiga bulan ini (Januari, Februari, Maret 2024). Kita rencanakan menggunakan bus listrik, ini sebagai upaya menarik minat menggunakan transportasi massal terutama yang menggunakan tenaga listrik” kata Iendra Sofyan, Selasa 16 Januari 2024.

Iendra menambahkan, selain menguji coba dua jalur rute baru, Pemprov Jabar juga mengambil alih dua koridor eksisting Teman Bus atau Trans Metro Pasundan (TMP) Bandung Raya yang sebelumnya dikelola oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Kita juga sudah mengambil alih dua koridor sebelumnya yang dikelola Kemenhub yaitu Koridor 3D BEC - Baleendah dan Koridor 2D Alun alun Bandung - Cimahi – Kota Baru Parahyangan - Stasiun Kereta Cepat Padalarang," jelas dia.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Nongkrong Asyik di Kota Bandung, Ada Cafe Berkonsep Klasik di Antapani

Skema yang digunakan dalam pengoperasian BRT Bandung Raya, lanjutnya, masih menggunakan Buy The Service (BTS), seperti yang dilakukan Kemenhub selama ini pada operasional TMP.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x