Sekda Kota Bandung soal PKL Dalem Kaum yang Bandel: Tidak Ada Negosiasi untuk Zona Merah

- 30 Desember 2023, 08:00 WIB
Satpol PP Kota Bandung saat bersiap melakukan penertiban PKL Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat 22 Desember 2023
Satpol PP Kota Bandung saat bersiap melakukan penertiban PKL Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat 22 Desember 2023 //TOMMY RIYADI/PRFM

PRFMNEWS - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna menegaskan pemerintah kota (pemkot) tidak akan memberi ruang bagi para pedagang kaki lima (PKL) yang masih membandel berjualan di kawasan zona merah Jalan Dalem Kaum.

Ema Sumarna menyatakan larangan PKL berjualan di zona merah salah satunya di Jalan Dalem Kaum sekitar Alun-alun Bandung ini sudah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Bandung Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pembinaan dan Penataan PKL.

“Zona merah itu tidak ada ruang negosiasi, itu harus penegakan hukum. Jadi jangan zona merah di nego menjadi zona kuning, tidak begitu. Nanti kalau begitu semua, hancur semua ruang di Kota Bandung,” kata Ema, Kamis 28 Desember 2023.

Baca Juga: Susi Air Hadir di Bandara Husein Bandung, Begini Cara Beli Tiket 2 Rute Penerbangan yang Dilayani

Oleh karena itu, Ema meminta para PKL di Jalan Dalem Kaum untuk berpindah ke lantai dasar Alun-alun Bandung, maupun pusat perbelanjaan Kings sebagai zona hijau yang sudah disiapkan oleh pemkot sebagai relokasi tempat mereka berdagang saat ini.

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna.
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna. Diskominfo Kota Bandung

“Kita sudah menyediakan ruang-ruang bagi PKL di lantai dasar alun-alun, kemudian juga yang di lantai dasar Kings. Itu juga kan bisa kita manfaatkan. Cuma mereka selalu ingin di sana (Jalan Dalem Kaum),” ungkapnya.

Upaya penataan dan relokasi PKL dari zona merah ke zona hijau ini, imbuh dia, sebagai upaya Pemkot Bandung untuk menjaga kenyamanan dan estetika kawasan tersebut, sehingga ke depan sekitaran Alun-alun Bandung menjadi lebih rapi.

Baca Juga: Deret Acara dan Daftar Artis Tampil di Panggung Konser Malam Tahun Baru 2024 CFN Sudirman-Thamrin Jakarta

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah