Pemkot Bandung Ajak Tokoh Agama Ubah Sampah jadi Barokah

- 10 Desember 2023, 08:00 WIB
Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masjid, di Kantor MUI Kota Bandung, Sabtu 9 Desember 2023.
Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masjid, di Kantor MUI Kota Bandung, Sabtu 9 Desember 2023. //Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna Ema Sumarna mengajak para tokoh agama dan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk bersama-sama mengolah sampah mulai dari sumbernya.

"Komitmen masyarakat itu menjadi paradigma terbaru. Harus ada kesamaan persepsi, sehingga sampah itu bukan lagi gegeleuh atau rurujit (jijik) tapi menjadi barokah dan menghasilkan rupiah," ujarnya saat menghadiri Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masjid, di Kantor MUI Kota Bandung, Sabtu 9 Desember 2023.

Diungkap Ema Sumarna, tiap kluster diupayakan mampu mengurangi sampah. Seperti kluster kantor, hotel, pendidikan hingga pelayanan kesehatan. Dari 1.300 ton sampah, hanya sebanyak 900 ton yang diangkut ke TPA.

Baca Juga: Pemkot Bandung Duga Ada Pihak yang Sengaja Sumbat Tali-tali Air Demi Mengais Uang

Dari sekitar 400 ton yang tak dibuang ke TPA, sekitar 104 ton sampah selesai di kluster masyarakat.

"Artinya kinerja berbasis kluster tempat ibadah, pendidikan, hotel, cafe, resto, dan kantor itu berjalan. Kami yakin kerja dengan kolaborasi seperti ini akan secepatnya keluar dari masa darurat," ucap Ema Sumarna.

Sejumlah upaya dilakukan Pemkot Bandung untuk mengurangi sampah. Pemerintah Kota Bandung menyediakan sejumlah bank sampah.

Baca Juga: Cara Gabung NIK Jadi NPWP, Lakukan Sebelum 31 Desember Agar Terhindar dari Risiko ini

Di bank sampah, warga bisa menabung sampah yang dikonversi menjadi saldo berupa uang.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x