Kendala Pemkot Bandung Tata Ribuan PKL Sepanjang 2023, Praktik Premanisme hingga Jual Beli Lapak

- 6 Desember 2023, 07:20 WIB
Rapat Evaluasi Pelaksanaan Satgasus PKL Tahun 2023 di Hotel Grandia, Selasa 5 Desember 2023.
Rapat Evaluasi Pelaksanaan Satgasus PKL Tahun 2023 di Hotel Grandia, Selasa 5 Desember 2023. /Diskominfo Kota Bandung/

PRFMNEWS - Kepala Dinas KUMKM Kota Bandung selaku Sekretaris Satgasus PKL Atet Dedi Handiman mengungkapkan sejumlah kendala yang dihadapi pihaknya dalam proses penataan dan relokasi ribuan Pedagang Kaki Lima (PKL) di puluhan lokasi sepanjang tahun 2023.

Selain menjabarkan hambatan, Atet juga memaparkan keberhasilan pihaknya menata dan merelokasi para PKL selama tahun 2023.

Dia mengklaim Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Satgasus PKL sudah merelokasi dan menata sebanyak 1.036 PKL di 23 lokasi sepanjang tahun ini. Hal tersebut diungkapkan Atet dalam Rapat Evaluasi Pelaksanaan Satgasus PKL Tahun 2023, Selasa 5 Desember 2023.

Baca Juga: Tahun Baru, PKL di Kawasan Alun-alun Bandung dan Tegalega Mulai Berjualan di Lokasi Anyar

Atet merincikan, penataan PKL di Jalan Prof. Eyckman berhasil merelokasi sebanyak 23 PKL. Selanjutnya, merelokasi 101 PKL dari Jalan Ganesha ke Jalan Gelap Nyawang.

Ada pula relokasi PKL Kawasan Tegalega sebanyak 547 PKL ke dalam area Taman Tegalega, lalu PKL Jalan Sumatera sebanyak 18 PKL, 19 PKL basement Kings Shopping Center, dan penataan 35 PKL di Tamansari Food & Fest, hingga relokasi 140 PKL ke Basement Alun-alun Kota Bandung.

Penertiban PKL juga dilakukan di tahun 2023 tepatnya Jalan Cijagra sebanyak 38 pedagang, lanjut PKL di Jl. Suryani sebanyak 44 pedagang. Selain itu ada pula, reaktivasi Teras Cihampelas yang juga merelokasi PKL di Jalan Cihampelas ke area skywalk tersebut.

Lebih lanjut, terkait kendala selama proses penataan dan relokasi PKL, Atet menjelaskan antara lain masih banyak PKL yang berjualan di zona merah, terbatasnya tempat relokasi PKL, dan adanya PKL yang memiliki KTP non Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x