Hadirnya Mesin ADM di Kantor Desa Mudahkan Warga Kabupaten Bandung Urus Adminduk

- 17 November 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).
Ilustrasi Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). /Instagram @kang.dadangsupriatna

PRFMNEWS - Untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan dokumen kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung menyebarkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) ke banyak kantor desa di Kabupaten Bandung.

Melalui ADM yang ada di kantor desa ini, warga Kabupaten Bandung bisa mencetak beberapa dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, dan Akta Kematian tanpa harus jauh-jauh ke Kantor Disdukcapil.

Salah satu desa yang sudah mendapatkan ADM adalah Desa Sukamulya Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Kehadiran ADM ini disambut baik oleh warga karena kini warga tak perlu ke kantor kecamatan atau ke kantor Disdukcapil.

Baca Juga: Cara Cetak Dokumen Kependudukan Gratis Lewat Mesin ADM di Kantor Desa Kabupaten Bandung, Cukup 5 Menit

Sekretaris Desa Sukamulya Mulyana mengatakan, melalui ADM ini warga sangat benar-benar dimudahkan.

"Sedangkan untuk pelayanan e-KTP, belum bisa dilaksanakan melalui ADM yang ada di desa. Pembuatan KTP mulai dari pemotretan masih dilakukan di Kantor Kecamatan Rancaekek. Tetapi pelayanan e-KTP, sempat dilaksanakan pula di desa bekerjasama dengan pihak kecamatan untuk melakukan pemotretan untuk pembuatan e-KTP tersebut," kata Mulyana dalam keterangan yang diterima prfmnews.id.

Mulyana mengatakan bahwa dengan adanya mesin ADM yang dioperasionalkan pada lima bulan silam itu, masyarakat sangat terbantu dengan adanya fasilitas tersebut.

Baca Juga: Warga Kabupaten Bandung Bisa Cetak Dokumen Kependudukan di Kantor Desa Lewat ADM, Begini Caranya

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x