Ternyata ini Penyebab Kemarau di Bandung Picu Cuaca Panas Terik Saat Siang, Dingin Ekstrem di Malam Hari

- 20 Juli 2023, 14:43 WIB
Cuaca Kota Bandung panas terik siang hari, malam hari ini dingin ekstrem
Cuaca Kota Bandung panas terik siang hari, malam hari ini dingin ekstrem /PRFMNEWS

PRFMNEWS – BMKG Kota Bandung menyatakan saat ini pada Juli 2023 wilayah Bandung dan sekitarnya sudah memasuki musim kemarau.

Meski kemarau, suhu udara di Bandung terasa sangat dingin ketika malam hingga pagi hari dan berubah ke cuaca panas terik saat siang hari.

Penyebab kenapa cuaca di Bandung lebih terasa dingin pada malam hari dan panas menyengat di siang hari dalam beberapa hari terakhir ini diungkap Kepala BMKG Kota Bandung Teguh Rahayu.

Baca Juga: Kronologis Pencurian Rel Kereta Api di Garut hingga Penangkapan Pelaku oleh Polisi

Teguh Rahayu mencatat dalam lima hari terakhir tanggal 14-18 Juli 2023, suhu minimum di Kota Bandung menyentuh 17 derajat Celcius, di bawah nilai suhu minimum normal.

Padahal nilai suhu minimum normal di wilayah Bandung pada bulan Juli berkisar pada 18,2 derajat Celsius, dan pada Agustus nilainya 17,5 derajat Celcius.

Meski masuk kategori di bawah nilai suhu minimum normal, Teguh Rahayu memastikan, suhu udara lebih dingin di Bandung merupakan fenomena alamiah yang umum terjadi ketika masa puncak kemarau pada Juli-Agustus.

Perempuan yang akrab disapa Ayu ini pada Kamis 20 Juli 2023 menjelaskan, suhu dingin ekstrem memang cenderung berpeluang terjadi saat musim kemarau di Bandung, terutama pada malam hari.

Baca Juga: Warga Bandung Diminta Jaga Kesehatan dan Waspadai Potensi Bencana di Musim Kemarau

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x