LIVE Streaming BMKG Pantau Hilal 1 Dzulhijjah 1444 H Hari Ini 18 Juni 2023

- 18 Juni 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi pemantauan hilal.*
Ilustrasi pemantauan hilal.* /dok.PRFM

 

PRFMNEWS - Simak link live streaming pemantauan hilal 1 Dzulhijjah 1444 H/2023 yang dipantau oleh Tim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Hari ini, Minggu 18 Juni 2023, BMKG akan melaksanakan Rukyat Hilal di 29 lokasi se-Indonesia, termasuk Kota Bandung.

Tim Stasiun Geofisika Bandung akan melakukan pengamatan di Observatorium Albiruni Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung mulai pukul 13.00 WIB.

Baca Juga: Menpan RB Ungkap Hasil Rapat Para Menteri soal Kepastian Libur Idul Adha 2023 Jadi 2 Hari

Pemantauan hilal hari ini bertujuan mengamatai pergantian bulan baru dalam kalender Islam dengan memanfaatkan teleskop/teropong terkomputerisasi yang dipadukan dengan teknologi informasi. Saat pengamatan dilaksanakan, kecerlangan cahaya Hilal akan direkam oleh detektor yang dipasang pada teleskop yang secara otomatis mengikuti berubahnya posisi Bulan di ufuk Barat.

Stasiun Geofisika Bandung menyampaikan informasi Hilal saat Matahari terbenam sebagai penentu awal bulan Zulhijah 1444 H. Namun, masyarakat diminta menunggu hasil resmi pemerintah melalui keputusan sidang isbat yang akan diumumkan pada Minggu malam.

Baca Juga: Jadwal Sidang Isbat Idul Adha 2023 Kemenag 18 Juni, Muhammadiyah dan Pemerintah Berpotensi Beda?

Berdasarkan data prakiraan cuaca pada tanggal 18 Juni 2023 di wilayah Bandung, pada siang hingga malam hari diperkirakan dalam kondisi berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang.

Berikut link streaming pengamatan hilal 1 Dzulhijjah 1444 H yang dilakukan tim BMKG:

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x