Jadwal Sidang Isbat Idul Adha 2023 Kemenag 18 Juni, Muhammadiyah dan Pemerintah Berpotensi Beda?

- 12 Juni 2023, 14:52 WIB
Ilustrasi Lebaran Idul Adha 2023
Ilustrasi Lebaran Idul Adha 2023 /Ahmad Fiqi Purba/Jurnal Medan


PRFMNEWS – Sidang isbat menentukan Idul Adha atau Lebaran Kurban tahun 2023 akan digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada hari Minggu, tanggal 18 Juni 2023.

Selain menetapkan tanggal pelaksanaan Idul Adha 2023, sidang isbat oleh Kemenag ini tentu sekaligus menentukan awal Dzulhijjah 1444 H.

"Sidang isbat awal Zulhijah akan dilaksanakan Minggu 18 Juni 2023, atau bertepatan dengan tanggal 29 Zulkaidah," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib, Senin 12 Juni 2023.

Baca Juga: Yuk, Pahami Serba-serbi Idul Adha dan Kurban Serta Keutamaannya bagi Umat Muslim

Adib menjelaskan, sebelum sidang isbat penentuan 1 Dzulhijjah 1444 H dan Idul Adha 2023 yang bertepatan pada tanggal 10 Dzulhijjah ini berlangsung, pihaknya akan menggelar rukyatul hilal awal Dzulhijjah di 99 titik di Indonesia.

Hasil rukyatul hilal awal Dzulhijjah inilah yang akan menjadi salah satu rujukan dalam penetapan waktu Idul Adha 2023 atau disebut pula sebagai Lebaran Haji.

Menurut Adib, sidang isbat merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh Kemenag kepada umat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah Idul Adha.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Juru Sembelih Dilatih Manajemen Kurban

"Ini menjadi tugas dan fungsi kita semua. Tentu membutuhkan pelaksanaan yang baik. Karena nantinya, hasil keputusan Sidang Isbat akan ditetapkan oleh Pak Menteri," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan, hasil perhitungan dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah terkait pelaksanaan Idul Adha 2023 berpotensi berbeda dengan Kemenag.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x