Sidang Isbat Penentuan Idul Adha 2023 Dilaksanakan Minggu 18 Juni Nanti

- 9 Juni 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi pemantauan hilal.
Ilustrasi pemantauan hilal. /Dok PRFMNEWS.ID

PRFMNEWS - Untuk menentukan awal bulan Zulhijjah, Kementerian Agama akan melaksanakan sidang isbat penetapan awal Zulhijjah pada Minggu, 18 Juni 2023 mendatang.

Sidang isbat penetapan awal Zulhijjah ini akan menentukan kapan tanggal 9 dan 10 Zulhijjah yang menjadi waktu melaksanakan shaum Arafah dan hari raya Idul Adha.

Nantinya, pemerintah melalui Kemenag akan langsung mengumumkan awal Zulhijjah dan juga tanggal Idul Adha pada sidang isbat yang akan digelar di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat itu.

Baca Juga: Ketetapan Muhammadiyah Tentang Kapan Idul Adha 2023

"Sidang isbat awal Zulhijah akan dilaksanakan Minggu, 18 Juni 2023 atau bertepatan dengan tanggal 29 Zulqaidah di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama, Jl. M.H Thamrin No. 6, Jakarta," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib Kamis, 8 Juni 2023.

Adib menjelaskan, sidang penetapan awal Zulhijah ini merupakan salah satu bentuk layanan keagamaan bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah di Hari Raya Idul Adha.

"Sidang ini merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh Kementerian Agama kepada umat, untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah Hari Raya Idul Adha," terangnya.

Baca Juga: Idul Adha 2023 Tanggal Berapa, Jadwal Muhammadiyah dan Pemerintah Sama?

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x