Komite Etik Setujui Uji Klinis Tahap 3 Vaksin Covid-19, Dinkes Kota Bandung Ikut lakukan Pengawasan

- 28 Juli 2020, 13:06 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19
Ilustrasi Vaksin Covid-19 /.*Dok PRFM

PRFMNEWS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung bakal ikut mengawasi pelaksanaan uji vaksin Covid-19, yang dilakukan tim peneliti dari Unpad dan Biofarma.

Hal tersebut dinyatakan Dinkes Kota Bandung setelah komite etik penelitian menyetujui uji klinis terhadap uji klinis tahap 3 terhadap vaksin yang berasal dari Tiongkok tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rita Verita mengatakan, nantinya Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) akan berkoordinasi dengan tim uji vaksin dari Unpad.

 

Baca Juga: Harga Emas Logam Mulia Selasa 28 Juli 2020, Naik Rp25.000 jadi Rp1.022.000

"Ya, tentunya kami mengawasi. Sebetulnya tidak ada perbedaan, beberapa vaksin yang diproduksi oleh biofarma hampir semuanya bekerja sama dengan Unpad termasuk yang Covid-19 ini, ya mungkin karena ini tentang Covid-19 dan intruksi langsung dari Presiden tentunya berita ini lebih gencar dari pada vaksin yang lainnya," ujar Rita, saat ditemui di Balai Benih Ikan, Kota Bandung, Selasa (28/7/2020).

Dikatakan Rita, surat izin dari komite etik sudah dikeluarkan komite etik, sehingga saat ini ke enam tempat yang menjadi lokasi uji vaksin Covid-19 ini tengah melakukan persiapan.
"Jadi, rencananya akan dilakukan rekrutmen sebanyak 1.620 relawan dan akan dilakukan uji klinisnya di enam tempat itu mulai minggu pertama Agustus," katanya.

Ke enam tempat yang menjadi lokasi uji vaksin Covid-19, kata Rita, sudah didatangi oleh tim peneliti untuk dilihat kesiapannya.

"Sudah dari April didatangi oleh tim peneliti, dari awal dilihat kesiapannya segala macam sehingga dipilihkan empat puskesmas ini, mulai Agustus ini mereka sudah menyiapkan relawan dan kalau tidak salah malah sudah ada yang mulai mendaftar ke puskesmas langsung. Jumlah pastinya belum tahu," ucap Rita.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x