Kasus Diabetes Remaja Kota Bandung Naik, Dinkes akan Datangi Sekolah-sekolah

- 28 Februari 2023, 15:03 WIB
Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes. /Pexels Artem Podrez/


PRFMNEWS - Kasus Diabetes Melitus (DM) atau kencing manis pada remaja di Kota Bandung meningkat pada tahun 2022, berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung.

Penyebab kasus Diabetes Melitus pada remaja di Kota Bandung meningkat, menurut catatan kasus yang dimiliki Dinkes karena faktor pola hidup, pola makan, hingga aktivitas fisik berkurang.

Pada tahun 2021, tercatat sebanyak 9 orang di bawah usia 15 tahun tercatat mengidap DM tipe 1. Sedangkan di usia 15-19 tahun sebanyak 2 orang mengidap DM tipe 1, dan 9 orang DM tipe 2.

Baca Juga: Kasus Diabetes Remaja Kota Bandung Naik, Dinkes Ungkap Penyebab dan Gejala Awal yang Wajib Diwaspadai

Angka itu bertambah pada tahun 2022, khususnya diabetes melitus tipe 2. Penderita DM tipe 2 di bawah usia 15 tahun tercatat sebanyak 44 orang. Sedangkan pada usia 15-19 tahun sebanyak 24 orang mengidap DM tipe 1, dan 57 orang mengidap DM tipe 2.

Subkoordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinkes Kota Bandung, dr. Intan Annisa mengatakan, sebagai bentuk deteksi dini, Dinkes Kota Bandung memprioritaskan screening dan skrining diabetes ke sekolah-sekolah.

“Setiap penduduk berhak atas skrining gratis itu setahun sekali. Cuma mungkin banyak yang belum tahu ada program itu. Makanya kita terus sosialisasikan program skrining gratis ini kepada masyarakat agar lebih banyak yang sadar. Untuk sekolah sendiri dijatahi skrining satu tahun sekali. Tapi setiap bulannya bergilir agar semua sekolah bisa diperiksa,” kata Intan dalam keterangannya, Senin 27 Februari 2023.

Baca Juga: PARAH Kasus Diabetes pada Remaja di Kota Bandung Meningkat!

Skrining diabetes bagi para remaja di sekolah ini lebih masif dilakukan Dinkes Kota Bandung sejak Januari 2023.

Sebelumnya, Dinkes telah melakukan sosialisasi ke beberapa sekolah. Namun, pada dua bulan ini dilakukan skrining terintegrasi.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x