Kasus Diabetes Remaja Kota Bandung Naik, Dinkes Ungkap Penyebab dan Gejala Awal yang Wajib Diwaspadai

- 28 Februari 2023, 07:16 WIB
Ilustrasi Diabetes Melitus
Ilustrasi Diabetes Melitus /pixabay/

PRFMNEWS – Kasus Diabetes Melitus (DM) atau kencing manis pada remaja di Kota Bandung mengalami kenaikan pada tahun 2022. Hal tersebut terlihat dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung.

Penyebab kasus Diabetes Melitus pada remaja di Kota Bandung meningkat, menurut catatan kasus yang dimiliki Dinkes karena faktor pola hidup, pola makan, hingga aktivitas fisik berkurang.

Lantas, apa saja gejala awal orang menderita Diabetes Melitus sehingga harus diwaspadai sejak dini dan harus segera diperiksakan ke dokter agar tidak meningkat menjadi DM tipe 2?

Baca Juga: PARAH Kasus Diabetes pada Remaja di Kota Bandung Meningkat!

Sub Koordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinkes Kota Bandung, dr. Intan Annisa mengatakan, Diabetes Melitus merupakan penyakit tidak menular dan biasanya tidak berkorelasi dengan waktu.

Sebab DM, imbuh Intan, merupakan penyakit yang kronis dan butuh waktu yang panjang dalam perjalanan perkembangan penyakitnya. Setelah itu baru terlihat gejala-gejalanya.

Adapun gejala utama Diabetes Melitus yang bisa diperhatikan secara dini, ungkap Intan, seperti sering kencing, mudah lapar, dan cepat haus.

Baca Juga: Buang Bayi di Pinggir Jalan, Pelajar di Cirebon Ditangkap Polisi

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x