Pemkot Bandung Optimalkan RTH Cibiru untuk Antisipasi Banjir

- 21 Juli 2020, 07:23 WIB
Wakil Wali kota Bandung Yana Mulyana saat meninjau lahan perbukitan Kecamatan Cibiru, Senin (20/7/2020).*
Wakil Wali kota Bandung Yana Mulyana saat meninjau lahan perbukitan Kecamatan Cibiru, Senin (20/7/2020).* /SYAHDA MUSTAFA/HUMAS KOTA BANDUNG

PRFMNEWS - Hingga saat ini banjir masih dari permasalahan pelik di kota Bandung. Sebagai langkah antisipasi banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kini tengah berupata mengoptimalkan penghijauan di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan perbukitan Kecamatan Cibiru.

Hal ini dilakukan pemkot sebagai langkah menambah daya resapan untuk mengurangi aliran air yang turun ke wilayah hilir ketika hujan turun di musim penghujan.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyatakan, perencanaan penanaman pohon harus lebih baik. Penghijauan harus optimal mengurangi air yang turun ke hilir.

Baca Juga: Jokowi Bentuk Komite Penanganan Covid-19, Bagaimana Nasib Gugus Tugas?

"Kita akan lakukan penanaman, penghijauan di RTH milik Kota Bandung. Rata-rata pohon keras yang berbuah, durian, mangga, alpukat. Karena kalau tanaman keras itu tidak erosi," ujar wakil wali kota usai meninjau lahan perbukitan Kecamatan Cibiru, Senin (20/7/2020)

Selain memiliki kemampuan yang cukup baik untuk resapan dan penguatan lahan, ia berharap, masyarakat sekitar bisa memanfaatkan beragam jenis tanaman buah-buahan tersebut.

"Nanti ini juga dijaga oleh penggarap sekitar," tuturnya.

Baca Juga: Lebih dari Seribu Relawan di Bandung Akan Disuntikan Vaksin Covid-19

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi menyatakan, untuk optimalisasi lahan RTH ini sudah bermusyawarah dengan warga sekitar. Bak gayung bersambut, justru masyarakat berharap pohon yang ditanam itu tidak hanya berjenis kayu keras tapi juga bisa menghasilkan sesuatu.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Humas Kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x