Pengerjaan Flyover Jalan Jakarta dan Laswi Kota Bandung Memasuki Tahap Pemasangan Gelagar

- 20 Juli 2020, 21:15 WIB
Lokasi pembangunan flyover Jalan Laswi.
Lokasi pembangunan flyover Jalan Laswi. /MOHAMAD FAUZI/PRFM


PRFMNEWS – Pengerjaan proyek jembatan layang (flyover) Jalan Jakarta – Supratman dan flyover Jalan Laswi – Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung, segera dilanjutkan kembali.

Seperti diinformasikan Kepala UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah III Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat, Rukhiyat, progres pengerjaan flyover Jalan Jakarta dan Laswi telah memasuki tahap pemasangan gelagar (girder).

Gelagar sendiri merupakan balok beton atau baja yang berfungsi sebagai penyambung antara tiang penyangga jembatan. Selain itu, gelagar merupakan bagian struktur atas sebuah jembatan yang befungsi menyalurkan beban, khususnya beban kendaraan.

Baca Juga: Cek Fakta: Thermo Gun Bisa Rusak Sistem Saraf dan Otak?

“Untuk flyover Jalan Jakarta, seluruh badan abutment sudah kita cor pada pekan lalu. Pekerjaan bagian atas atau gelagar, kita rencanakan mulai dikerjakan pada awal Agustus,” kata Rukhiyat saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Senin (20/7/2020).

“Untuk flyover Jalan Laswi, kita sudah melanjutkan beton abutment bagian badannya. Kedua sisi sudah kita bereskan. Saat ini sedang persiapan untuk membongkar trotoar yang ada di tengah untuk disiapkan menjadi badan jalan untuk ke depannya,” imbuhnya.

Dibeberkan Rukhiyat, pemasangan gelagar untuk proyek flyover Jalan Jakarta akan dimulai pada 3 Agustus 2020. Sedangkan proses pemasangan gelagar untuk proyek flyover Jalan Laswi akan dimulai pada 16 Agutus 2020.

“Rencananya pemasangan gelegar akan memakan waktu selama tiga hari. Jumlah gelagar yang akan dipasang sebanyak tiga gelagar untuk masing-masing proyek flyover,” ungkapnya.

Baca Juga: Kasus Anak Lima Tahun Tewas Dalam Toren Disebabkan Ketidaksiapan Orang Dewasa jadi Orangtua

Untuk mengurangi beban arus lalu lintas, Rukhiyat menyatakan pemasangan gelagar pada flyover Jalan Jakarta dan Laswi hanya akan dilakukan pada tengah malam menuju subuh.

“Proses pengangkatan gelagar untuk didudukan ke pangkal jembatan, maka akan dilakukan penutupan Tapi kita lakukan penutupan jalan hanya pada malam hari, yakni pukul 23.00 sampai 04.00 WIB,” tandasnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x