Lebih dari Seribu Relawan di Bandung Akan Disuntikan Vaksin Covid-19

- 20 Juli 2020, 22:51 WIB
ILUSTRASI vaksin.*
ILUSTRASI vaksin.* /pixabay


PRFMNEWS – Tim riset Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) bersama Bio Farma dan Sinovach Biotech, tengah bersiap untuk melakukan uji klinis terhadap vaksin virus corona (Covid-19) asal China. Rencananya, lebih dari seribu relawan akan ikut dalam uji coba vaksin tersebut.

Ketua Tim Uji Coba Vaksin Covid-19 FK Unpad, Prof. Kusnandi Rusmil menuturkan, pihaknya tinggal menunggu izin dari Komite Etik Penelitian Kesehatan.

Setelah izin diberikan, uji klinis segera diujicoba atau disuntikan kepada kelompok relawan dalam jumlah besar di Kota Bandung. Proses penyuntikkan akan dilakukan di enam tempat, yakni Rumah Sakit Pendidikan Unpad, kampus Unpad Dipati Ukur, serta 4 Puskesmas di Kota Bandung.

Baca Juga: Daftar Harga HP Vivo Terbaru Juli 2020, Mulai dari Rp1 Jutaan Sampai Paling Mahal Rp4 Jutaan

“Kita menuju izin dari Komite Etik. Karena Komite Etik baru rapat pada hari Kamis (23 Juli 2020) ini. Nah setelah ada izin Komite Etik, baru kita lanjutkan jadwal dan rencana kerja untuk melakukan uji klinis,” ujarnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Senin (20/7/2020).

Dijelaskan Kusnandi, uji coba vaksin Covid-19 yang akan dilakukan di Kota Bandung merupakan fase ke-3 dalam uji klinis terhadap vaksin asal China itu. Sebelumnya, dua fase uji klinis terhadap vaksin tersebut sudah dilakukan di China.

“Uji klinis fase 1 sudah dilakukan di Tiongkok. Setelah uji klinis fase 1, vaksin ini ternyata tidak membahayakan. Jumlah sampel saat uji klinis fase 1 sekitar 200 orang. Uji klinis fase 2 sendiri untuk melihat efektivitas vaksin ini. Uji klinis fase 2 tenyata menunjukan hasil bagus, timbul zat anti penyakitnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, vaksin Covid-19 ini akan disuntikan sebanyak dua kali ke tubuh relawan dalam jangka waktu tiap 14 hari. Setelah itu, tim riset FK Unpad akan memantau masing-masing relawan selama enam bulan.

“Vaksin ini merupakan Covid-19 yang dimatikan. Kalau sudah mati, artinya tidak menimbulkan penyakit dan akan dibuktikan menimbulkan zat anti penyakit,” kata Kusnandi.

Baca Juga: Ini Skema Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Perempatan Jalan Jakarta - Supratman Kota Bandung

Rencananya, kata Kusnandi, sebanyak 1.620 relawan akan ikut dalam uji coba vaksin Covid-19 tersebut.

“Sebelum uji coba, para relawan akan kami periksa terlebih dahulu. Kriterianya harus sehat, dengan rentang umur antara 18 sampai 59 tahun,” tambahnya.**

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x