Gempa Tektonik M 4,0 Guncang Kabupaten Bandung Dipicu Aktivitas Sesar Garsela

- 28 Januari 2023, 07:03 WIB
Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi. /PRFM

PRFMNEWS - Wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat diguncang gempa tektonik bermagnitudo M4,0 hari ini pukul 01.33 WIB, Sabtu, 28 Januari 2023.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 7,22 LS dan 107,59 BT.

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, ST,MM mengatakan  Episenter terletak pada koordinat 7.22 LS dan 107.59 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 km Tenggara Kab. Bandung, pada kedalaman 5 km. Gempa bumi ini diawali dengan 2 gempa pendahuluan ( foreshock) M 2.6 dan M 3.0.

Baca Juga: Pemkab Garut Sudah Siapkan Mitigasi untuk Warga Soal Ancaman Sesar Garsela

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, BMKG menyatakan gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Soreang dan Banjaran (Kab. Bandung) dan Kota Bandung dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang,.

Benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk yang sedang berlalu.

Baca Juga: Gempa Bumi di Kabupaten Bandung Semalam Diakibatkan Sesar Garsela

Baca Juga: Pagi Tadi Rancabali Bandung Diguncang Gempa, BMKG: Dipicu Sesar Garsela

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x