Penjelasan Peneliti BRIN Soal Pulau Baru Muncul Usai Gempa Maluku, Bukan Fenomena Pertama di Indonesia

- 11 Januari 2023, 18:40 WIB
Pulau baru yang muncul usai gempa 7,5 magnitudo yang mengguncang Tanimbar Maluku
Pulau baru yang muncul usai gempa 7,5 magnitudo yang mengguncang Tanimbar Maluku /Tangkapan layar Instagram/@infogempadunia

PRFMNEWS – Peneliti dari Pusat Riset Geoteknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Eko Yulianto menjelaskan penyebab munculnya pulau baru di Desa Teinaman, Kecamatan Tanimbar Utara, setelah gempa berkekuatan magnitudo 7,5 mengguncang Maluku.

Pulau baru di Tanimbar Utara ini muncul di permukaan air laut yang berupa tumpukan material usai guncangan gempa besar Magnitudo 7,5 terjadi di Maluku pada Selasa, 10 Januari 2023 dini hari.

Selain penyebab, peneliti BRIN ini juga mengungkap bahwa fenomena kemunculan pulau baru di Tanimbar Utara usai terjadinya gempa Maluku bukanlah yang pertama di Indonesia.

Baca Juga: Pulau Baru Muncul di Tanimbar Usai Gempa M 7,5 Peneliti BRIN Ungkap Penyebabnya

Kemunculan pulau baru usai gempa pernah terjadi di Indonesia

Eko Yulianto menyatakan fenomena pulau baru yang muncul setelah gempa juga pernah terjadi di beberapa wilayah lain Indonesia.

Eko memastikan fenomena kemunculan pulau baru usai gempa thrust (sesar naik) yang mengguncang Maluku adalah hal yang wajar terjadi akibat patahan gempa bumi.

Secara umum, ujarnya, hampir semua pulau di Indonesia juga muncul akibat dua fenomena utama, yaitu pengangkatan tektonik dan pertumbuhan gunung api (vulkanik).

Baca Juga: Pulau Baru Muncul di Kepulauan Tanimbar Usai Gempa M7,5 di Maluku

Pulau baru muncul usai gempa terjadi berulang kali selama jutaaan tahun

Proses ini terjadi berulang kali selama jutaan tahun. Setiap gempa besar dangkal dengan mekanisme gerak sesar naik terjadi, maka akan mengangkat dasar laut sedikit demi sedikit hingga menyembul ke atas dan terbentuklah pulau baru.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x