Panitia Salat IdulAdha dan Kurban di Kota Bandung Harus Dapat Izin dari Kelurahan dan Kecamatan

- 16 Juli 2020, 08:21 WIB
MASJID Al-Furqon di perumahan Margaasih, Kabupaten Bandung menerapkan protokol kesehatan bagi warga yang salat ied pada Hari Raya Idulfitri 1441 H, Minggu (24/5/2020). Lebaran kali ini dirayakan umat muslim di tengah pandemi COVID-19.*
MASJID Al-Furqon di perumahan Margaasih, Kabupaten Bandung menerapkan protokol kesehatan bagi warga yang salat ied pada Hari Raya Idulfitri 1441 H, Minggu (24/5/2020). Lebaran kali ini dirayakan umat muslim di tengah pandemi COVID-19.* /BUDI SATRIA/PRFM

PRFMNEWS - Di tengah pandemi covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengizinkan digelarnya salat id dan juga penyembelihan hewan oleh panitia kurban. Kabag Kesra Pemkot Bandung, Bambang Sukardi menyatakan, meski diizinkan, panitia salat id dan juga panitia kurban harus terlebih dahulu mengirimkan surat terkait kesanggupan menerapkan protokol kesehatan.

"Intinya untuh pelaksanaan salat iduladha dan penyembelihan hewan kurban untuk tahun ini bahwa panitia harus lebih dahulu berkoordinasi dengan aparat kewilayah setempat seperti Camat, Danramil, kapolsek, dan lurah. Jadi kepada panitia, intinya harus menerapkan protokol kesehatan maksimum," kata Bambang saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Rabu (15/7/2020) malam.

Kata Bambang, kini baik di tingkat kelurahan maupun tingkat kecamatan sudah dibentuk Satgas atau gugus tugas percepatan penanganan covid-19 tingkat kelurahan dan kecamatan. Oleh karena itu panitia salat id dan panitia kurban harus berkoordinasi dengan gugus tugas di tingkat kelurahan dan kecamatan.

Baca Juga: Polisi dan Dishub Buat Starting Grid di Beberapa Persimpangan di Bandung

Koordinasi dengan aparat kewilayahan ini merupakan salah satu aturan yang tercantum dalam surat edaran dari Wali Kota Bandung terkait pelaksanaan ibadah salat iduladha dan kurban di tengah pandemi covid-19.

"Tanpa pemberitahuan secara formal kepada gugus covid kelurahan dan kecamatan terus terang saja, ini akan ada penertiban karena yang tahu persis kondisi di kewilayahan itu, tempat-tempat mana saja yang dianggap aman adalah gugus covid kewilayahan. Makanya dalam surat edaran ini yang paling pokok pertama itu panitia penyelenggaraan salat iduladha dan penyembelihan hewan harus berkoordinasi terdahulu dengan gugus tugas kecamatan dan kelurahan," jelas Bambang.

Saat berkoordinasi, lanjut Bambang, panitia salat id dan panitia kurban diharuskan juga melampirkan surat pertanyaan siap menerapkan protokol kesehatan secara maksimal.

Baca Juga: Komisi IX DPR Akui Tidak Pernah Setuju Penggunaan Istilah New Normal oleh Pemerintah

Disebutkan Bambang, protokol kesehatan ini mutlak diterapkan oleh semua panitia salat id dan panitia kurban. Khusus untuk salat id, semau jemaah diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak. Selain itu, panitia pun harus menyediakan tempat cuci tangan dan juga mengecek suhu tubuh jemaah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x