Infrastruktur Memadai, Kota Bandung jadi Pusat Digital Jawa Barat

- 14 Desember 2022, 20:20 WIB
Kota Bandung jadi pusat peradaban digital di Jawa Barat.
Kota Bandung jadi pusat peradaban digital di Jawa Barat. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Kota Bandung menjadi pusat digital di Jawa Barat. Infrastruktur digital di Kota Bandung dinilai memadai sebagai pusat beradaban digital di sebuah daerah.

Hal ini sesuai dengan hasil riset East Ventures Digital Competitiveness Index (EV-DCI) di level kota dan kabupaten dalam menghitung daya saing digital pada 157 kota dan kabupaten.

Hasil riset EV-DCI, Kota Bandung menduduki peringat pertama se-Jawa Barat.

Baca Juga: Penyesuaian Tarif Air Bersih, Ketua DPRD: Turunkan Tarif yang Memberatkan Bila Benar Naik 3-4 Kali Lipat

infrasturktur digital Kota Bandung mendapatkan skor 90. Artinya infrastruktur digital yang ada di Kota Bandung telah memadai dan dioptimalkan dengan baik melalui aktivitas para pelaku usaha, terutama UMKM, serta terbukti dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan masyarakat.

Selanjutnya, pada indikator penilaian kewirausahaan dan produktivitas, Kota Bandung memperoleh skor 75. Hal ini didukung oleh tingginya rasio penduduk yang menggunakan internet dalam pekerjaan untuk promosi dan penjualan melalui e-commerce.

Selain itu, terdapat peningkatan pada pilar Keuangan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung secara aktif menggaet e-commerce untuk membantu pelaku UMKM mengembangkan bisnisnya secara digital.

Baca Juga: Inilah Manfaat dan Cara Pakai Fitur Baru Instagram Notes

Pada tahun 2020 Pemerintah Kota Bandung menggagas Pasar Kreatif Bandung yang bertujuan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap produk-produk lokal dan mendorong transformasi digital pada industri UMKM.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x