Satgas Pemeriksa Hewan Kurban di Kota Bandung Mulai Bergerak, Ada Perbedaan dengan Tahun Sebelumnya

- 17 Juni 2022, 16:00 WIB
Satgas Pemeriksa Hewan Kurban di Kota Bandung menjelang Idul Adha 2022.
Satgas Pemeriksa Hewan Kurban di Kota Bandung menjelang Idul Adha 2022. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Tim Satuan Tugas (Satgas) Pemeriksa Hewan Kurban Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sudah mulai bergerak jelang hari raya Idul Adha 2022.

Satgas Pemeriksa Herwan Kurban Kota Bandung ini beranggotakan 130 petugas.

Mereka merupakan petugas gabungan dari Dinas Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung serta relawan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) telah disebar ke 30 kecamatan di Kota Bandung.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengungkapkan, berbeda dari tahun sebelumnya, Tim Satgas Pemeriksa Hewan Kurban diterjunkan lebih awal, guna mencegah penyebaran Penyakit Kuku dan Mulut (PMK).

Baca Juga: Rempah ini Bisa untuk Atasi Batu Empedu, Berikut Penjelasan dan Cara Buatnya

"Saat ini kita lebih dini menurunkan tim pemeriksa hewan kurban karena sedang marak adanya penyakit PMK, biasanya kita bentuk di H-10 sekaligus mereka ikut mengawal untuk PMK," katanya pada Jumat, 17 Juni 2022.

Gin Gin mengungkapkan, Tim Satgas Pemeriksa Hewan Kurban akan melakukan pemeriksaan terhadap yang akan diperjualbelikan sampai hewan dipotong.

"Setelah dilakukan pemeriksaan hewan yang dinyatakan sehat akan diberikan nametag tanda kalung sehat," katanya.

Kalung tersebut, lanjutnya, akan berisi barcode yang dapat dipindai melalui aplikasi e-selamat. Aplikasi ini memuat data hewan kurban yang telah diperiksa oleh Tim Pemeriksa Hewan Kurban.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x