Harga Telur, Cabai dan Beberapa Bahan Pangan Lain di Kota Bandung Naik, Disdagin Ungkap 2 Alasannya

- 10 Juni 2022, 13:15 WIB
Pedagang Telur Ayam di Pasar Antri, Kota Cimahi, Jawa Barat, Rabu 22 September 2021
Pedagang Telur Ayam di Pasar Antri, Kota Cimahi, Jawa Barat, Rabu 22 September 2021 /Budi Satria/PRFMNEWS.

PRFMNEWS - Beberapa harga bahan pangan di Kota Bandung menalami kenaikan cukup tinggi, seperti telur, daging ayam, gula pasir, minyak curah, cabai merah tanjung, cabai rawit, dan bawang merah.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah membenarkan kondisi kenaikan harga pada beberapa bahan makanan termasuk sembako tersebut dan mengungkap alasannya.

Alasan beberapa harga bahan pangan tersebut naik di pasaran, menurut Elly ada dua yang dominan yaitu faktor cuaca dan tingkat permintaan makin tinggi.

Elly menjelaskan, terkait cuaca, seharusnya pada bulan Juni Indonesia khususnya Kota Bandung sudah masuk musim kemarau, tapi kondisi saat ini masih musim penghujan. Ditambah serangan hama yang membuat kualitas menjadi menurun.

Baca Juga: Kesaksian Ridwan Kamil Melihat Jasad Eril: Wangi, Utuh, dan Tidak Kurang Suatu Apapun

Faktor musim hujan, lanjutnha, juga berpengaruh terhadap telur dan daging ayam

"Pada musim hujan biasanya ayam mengalami penurunan produksi telur, sehingga menyebabkan harga naik," ujarnya, dikutip prfmnews.id dari laman Pemkot Bandung pada Jumat, 10 Juni 2022.

Kemudian faktor kedua, terkait peningkatan permintaan komoditi-komoditi tersebut karena relaksasi penyelenggaraan acara yang dihadiri banyak orang boleh dengan kapasitas 100 persen, mengingat Kota Bandung sudah masuk Level 1 PPKM.

"Ada juga pengaruh dari relaksasi seperti mulai banyak pernikahan, meski memang faktor ini bukan yang signifikan," tuturnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x