Terminal Cicaheum Bandung Bersiap Hadapi Mudik Lebaran, Bus AKDP dan AKAP Dipasangi Barcode PeduliLindungi

- 26 Maret 2022, 18:55 WIB
Ilustrasi Terminal Bus Cicaheum Bandung menjelang mudik Lebaran
Ilustrasi Terminal Bus Cicaheum Bandung menjelang mudik Lebaran /PRFMNEWS.ID

PRFMNEWS - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memutuskan membolehkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik pada Lebaran 1443 Hijriyah tahun ini. Syaratnya, masyarakat harus sudah menerima vaksin Covid-19 lengkap termasuk dosis ketiga (booster).

Atas kebijakan tersebut, Terminal Bus Cicaheum Bandung pun mulai melakukan persiapan teknis untuk menyambut keberangkatan penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran. Satu diantaranya, dengan menyiapkan sejumlah perangkat penunjang seperti fasilitas pemindai kode batang (Scan Barcode) aplikasi pedulilindungi untuk menaiki bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun bus Antar Kota antar Provinsi (AKAP).

Kepala Terminal Cicaheum Bandung, Roni Hermanto saat dihubungi menjelaskan, fasilitas scan barcode PeduliLindungi sendiri sudah terpasang sejak beberapa waktu lalu. Menyusul adanya peraturan perjalanan pada masa PPKM Level 2 sesuai instruksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca Juga: Pemerintah Kota Bandung Ajak Pengusaha Kelas Kakap Bantu UMKM

"Kita sudah pasang itu (scan barcode) sejak beberapa waktu lalu. Ini agar memudahkan calon penumpang yang akan melakukan perjalanan baik menggunakan bus AKDP maupun AKAP. Jadi tidak masalah buat kami," jelas Roni saat dihubungi, Sabtu 26 Maret 2022.

Roni melanjutkan, saat ini Terminal Cicaheum masih menunggu petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (juklak juknis) perihal aturan pelaku perjalanan seiring diperbolehkannya masyarakat melakukan perjalanan mudik.

Sudah barang tentu, lanjut Roni, pelayanan di Terminal Bus Cicaheum Bandung yang melayani rute ke arah timur kota Bandung ini akan mengikuti aturan terbaru yang dimaksud.

"Iya kita masih menunggu juklak juknisnya dari Kemenhub.Tapi yang jelas, kami sudah siap melayani masyarakat yang akan mudik tahun ini dengan menggunakan bis dari Terminal Cicaheum," ucap Roni.

Baca Juga: Kronologi Penemuan Mayat di Parkiran Apartemen Grand Emerald Jakarta, Ada Luka Tusuk di Leher

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x