Bandung Raya Siaga 1 Covid-19, Lapas dan Rutan Batas Kunjungan

- 19 Juni 2021, 20:15 WIB
Sukarelawan dari Palang Merah Indonesia Kota Bandung menyemprotkan cairan disinfektan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Sukamiskin, Kota Bandung, Senin (23/3/2020). Penyemprotan tersebut untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan Lapas.
Sukarelawan dari Palang Merah Indonesia Kota Bandung menyemprotkan cairan disinfektan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Sukamiskin, Kota Bandung, Senin (23/3/2020). Penyemprotan tersebut untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan Lapas. /Dok Humas Pemkot Bandung.

PRFMNEWS – Seluruh lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan) di Bandung Raya memilih untuk membatasi kunjungan pada masa Siaga 1 Covid-19.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Taufiqurrakhman di Bandung, Jawa Barat, menyampaikan pihaknya membatasi kunjungan ke lapas dan rutan sejak 17 Juni 2021.

Dengan adanya aturan ini para pengunjung tak bisa menemui warga binaan secara tatap muka. Namun demikian, fasilitas video call masih tetap bisa dilakukan.

"Kunjungan keluarga dari warga binaan tidak kontak secara langsung, tetapi bisa lewat video call (daring)," kata Taufiqurrakhman dilansir ANTARA, Sabtu 19 Juni 2021.

Baca Juga: Penutupan Ruas Jalan di Kota Bandung Berakhir pada 2 Juli Mendatang

Menurutnya, kebijakan lain adalah rutan dan lapas bakal membatasi penerimaan tahanan dari kepolisian maupun kejaksaan guna mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan warga binaan.

Hal itu, kata dia, sesuai dengan Surat Edaran Kemenkumham Nomor PAS- UM.01.01-42 tentang Perintah Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19.

Menurut dia, penerapan protokol kesehatan itu pun berlaku bagi seluruh pihak yang ada di lingkungan lapas dan rutan sehingga para sipir yang berjaga pun perlu tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Baca Juga: Dishub Beberkan Alasan Kebijakan Buka Tutup Jalan di Kota Bandung, Begini Katanya

Halaman:

Editor: Haidar Rais

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x