Libur Lebaran, Disparbud Jabar Imbau Masyarakat Main ke Tempat Wisata di Luar Bandung dan Bogor Raya

- 8 April 2024, 19:00 WIB
Tingkatkan Pariwisata, program wisata Edu Heritage Jakarta-Cirebon bisa jadi pilihan libur keluarga.
Tingkatkan Pariwisata, program wisata Edu Heritage Jakarta-Cirebon bisa jadi pilihan libur keluarga. /Foto/Jaka/KC/

PRFMNEWS - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengimbau masyarakat yang ingin berwisata di masa libur Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M agar tidak terpusat ke tempat-tempat wisata di kawasan Bandung Raya dan Bogor Raya.

Imbauan agar masyarakat menyebar liburan ke objek-objek wisata lain di wilayah Jawa Barat selain Bandung dan Bogor Raya, kata Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar, bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung saat momen libur Lebaran 2024 agar tidak terpusat di dua daerah tersebut saja.

Untuk menerapkan strategi mengantisipasi peningkatan jumlah wisatawan tidak hanya di Bandung dan Bogor Raya yang bisa berdampak memperparah kemacetan panjang di dua wilayah tersebut, lanjut Benny, Disparbud Jabar menggandeng Disparbud dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat dan para stakeholder terkait.

Baca Juga: Jelang Libur Lebaran, Disparbud Pastikan Kesiapan Tempat Wisata di Jabar

“Kami melakukan koordinasi dengan seluruh kepala dinas sektor pariwisata di Jawa Barat untuk antisipasi lonjakan wisatawan. Ini berdasarkan imbauan Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) RI agar mengawasi betul destinasi yang ada, serta menjaga ketertiban dan keamanannya, terutama kebersihannya,” kata Benny.

Untuk memecah potensi kemacetan di titik wisata favorit di Jabar selain Bandung dan Bogor Raya pada momen libur Lebaran 2024, Benny mengimbau masyarakat agar memilih destinasi lain seperti kawasan wisata di Cirebon Raya maupun Priangan Timur antara lain Garut, Tasikmalaya, hingga Pangandaran.

“Kami sudah koordinasi dengan Dishub dan kepolisian. Kami juga memberikan sosialisasi kepada wisatawan agar mencari alternatif destinasi wisata lain supaya tidak terpusat di Bogor Raya dan Bandung Raya. Ada pilihan lain seperti Cirebon Raya dan Priangan Timur. Banyak sekali destinasi cantik yang bisa memberikan pengalaman tersendiri,” jelasnya.

Baca Juga: Libur Lebaran Mau ke Pantai? Kamu Wajib Tahu Aturan Baru Masuk ke Pangandaran

Lebih lanjut Benny juga mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dikarenakan kondisi cuaca masih tidak menentu.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x