Daftar 37 Budaya di Jabar Ditetapkan Disparbud sebagai Warisan Tak Benda 2022, Ada Makanan hingga Kesenian

- 14 Februari 2022, 07:45 WIB
Ketua tim penilai wbtb Jabar Boeky Wibawa menyerahkan dokumen 37 karya budaya yang ditetalkan jadi wbtb 2022 pada Plt Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Jabar, Benny Bachtiar di Kantor Disparbud Jabar
Ketua tim penilai wbtb Jabar Boeky Wibawa menyerahkan dokumen 37 karya budaya yang ditetalkan jadi wbtb 2022 pada Plt Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Jabar, Benny Bachtiar di Kantor Disparbud Jabar /Kiki Kurnia/Galamedia/

PRFMNEWS - Ada 37 budaya yang ditetapkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat (Jabar) sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) pada tahun 2022.

Penetapan 37 budaya menjadi Warisan Budaya Tak Benda menjadi salah satu bentuk perhatian pemerintah untuk melindungi kebudayaan nasional termasuk di wilayah Jabar.

Sebanyak 37 budaya di Jabar yang ditetapkan sebagai WBTB tersebut terdiri atas makanan, kesenian hingga upacara adat.

“Didaftarkannya warisan budaya itu juga sebagai upaya pemajuan kebudayaan asli dari Jawa Barat sehingga warisan tersebut tak tergerus zaman,” kata Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA pada Minggu, 13 Februari 2022.

Baca Juga: Baru Victor Igbonefo dan Frets Butuan yang Tembus 1.000 Menit Bermain Bersama Persib Musim Ini

Benny menjelaskan, penetapan 37 budaya tersebut menjadi WBTB sejalan dengan empat poin tugas Disparbud yang perlu dilakukan, yakni perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan.

Keempat poin tersebut, tuturnya, saling berkaitan dan perlu ada kolaborasi dalam pemeliharaan antara pemprov dan pemerintah kabupaten/kota di Jabar.

"Kami berharap dengan potensi-potensi yang dimiliki hari ini bisa memberikan semangat untuk mengembangkan seni tradisi yang ada. Selain itu menjadi kekuatan ekonomi baru di sektor kebudayaan. Tentunya bisa menghidupi para seniman dan budayawan," ujarnya.

Adapun Daftar WBTB Jawa Barat 2022 yaitu Adzan Pitu (Cirebon), Bangreng (Sumedang), Batik Garutan (Garut), Batik Sukapura (Tasikmalaya), Bebentengan (Jawa Barat), Bedog Cikeruh (Sumedang).

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x