Resmi! Liga 1 Musim Depan Setiap Tim Boleh Miliki 8 Pemain Asing

- 27 Juni 2024, 06:50 WIB
Gelandang Persib Bandung Marc Klok (tengah) saat menggiring bola di tengah pertandingan Liga 1 2023/2024 PSIS Semarang vs Persib di Stadion Jatidiri Semarang Minggu, 20 Agustus 2023.
Gelandang Persib Bandung Marc Klok (tengah) saat menggiring bola di tengah pertandingan Liga 1 2023/2024 PSIS Semarang vs Persib di Stadion Jatidiri Semarang Minggu, 20 Agustus 2023. /Persib/

PRFMNEWS - PT Liga Indonesia Baru (LIB) baru saja menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan 2024 yang digelar di Jakarta pada Rabu, 26 Juni 2024. RUPS ini diikuti para pemegang saham yang merupakan klub Liga 1 dan juga PSSI.

Dalam RUPS ini dibahas beberapa hal termasuk regulasi Liga 1 2024/2025 musim depan. Salah satu regulasi yang dibahas adalah soal kuota pemain asing di setiap klub.

Disepakati bahwa musim depan setiap klub diperbolehkan memiliki maksimal delapan pemain asing bebas. Selain itu, pemain asing pun tak dibatasi boleh dari Asia maupun non-asia.

"Sebanyak delapan pemain boleh mengisi daftar susunan pemain. Sedangkan yang diturunkan di starting eleven maksimal enam pemain. Untuk pergantian, pemain asing menggantikan pemain asing lainnya. Bebas, boleh Asia atau pun non-Asia," ungkap Direktur Utama LIB, Ferry Paulus.

Baca Juga: Teddy Tjahjono Diangkat jadi Komisaris PT LIB, Perwakilan Tim Juara Liga 1

Perubahan regulasi berikutnya mengenai penggunaan pemain U-22. Mengenai aturan ini, Ferry menyatakan, setiap klub wajib memainkan pemain tersebut minimal 45 menit.

"Setiap klub wajib memainkan paling sedikit satu pemain U-22 atau kelahiran 1 Januari 2003, dengan durasi bermain minimal 45 menit. Musim lalu, batas usia penggunaan pemain muda yakni U-23," terangnya.

Adanya perubahan ini merupakan bentuk sinergi antara LIB dengan timnas Indonesia. Sebab, pada 2025 akan berlangsung ajang SEA Games yang menggunakan pemain dari kategori usia di bawah 22 tahun.

Hal lain terkait regulasi yang dianggap cukup penting adalah mengenai kewajiban financial control atau batasan klub dalam menggunakan biaya untuk belanja pemain. LIB menetapkan, klub boleh membelanjakan maksimal Rp50 miliar rupiah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah